SOLOPOS.COM - PT PLN (Persero) menyalurkan bantuan berupa 11,9 ton oksigen ke empat rumah sakit di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Rabu, (14/7/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG–Jumlah kasus Covid-19 yang terus melonjak berimbas pada meningkatnya kebutuhan oksigen di masyarakat. Untuk itu, PT PLN (Persero) menyalurkan bantuan berupa 11,9 ton oksigen ke empat rumah sakit di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Rabu, (14/7/2021).

Bantuan ini diberikan untuk mendukung rumah sakit dalam penanganan Covid-19. Keempat rumah sakit yang mendapatkan bantuan oksigen yaitu Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito Yogyakarta sebanyak 4,5 ton, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tugurejo Semarang sebanyak 1,4 ton, RSUD Kalisari Batang sebanyak 4 ton, dan RSUD Kraton Pekalongan sebanyak 2 ton.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

General Manager PLN UID Jateng & D.I. Yogyakarta, M. Irwansyah Putra dan Kepala Dinas ESDM Provinsi Jateng, Sujarwanto Dwiatmoko, turut hadir saat pemberian bantuan oksigen di RSUD Tugurejo Semarang.

“Melalui bantuan ini diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan oksigen sebagai salah satu alat penunjang yang krusial bagi para tenaga medis yang tengah berjuang menangani pasien Covid-19  saat ini” ujar Irwansyah.

Baca Juga: Mendeteksi 3 Gejala Covid-19

Mengapresiasi

PT PLN (Persero) menyalurkan bantuan berupa 11,9 ton oksigen ke empat rumah sakit di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Rabu, (14/7/2021).(Istimewa)
PT PLN (Persero) menyalurkan bantuan berupa 11,9 ton oksigen ke empat rumah sakit di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Rabu, (14/7/2021).(Istimewa)

Direktur RSUD Tugurejo dr. Haryadi Ibnu Junaedi mengapresiasi bantuan oksigen yang diberikan oleh PLN.  “Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah membantu kami untuk pengisian liquid oksigen. Ini sesuatu yang sangat menguntungkan bagi kami dan bisa menyelamatkan pasien,” ungkapnya.

Senada dengan Haryadi, Wakil Direktur Pelayanan RSUD Kraton Pekalongan, dr. Zaki Mubarok  mengungkapkan, bantuan ini akan sangat mendukung penanganan pasien Covid-19 di Kabupaten Pekalongan.

“Bantuan dari PLN ini sangat kami harapkan dan dibutuhkan oleh pasien pasien kami terutama pasien covid-19 yang dirawat di tempat kami, RS Kraton ini satu satunya RS yang menyediakan ICU di Pekalongan,” imbuhnya.

Baca Juga: Antam Turun! Cek Harga Emas Pegadaian Hari Ini, Kamis 15 Juli 2021

Sebelumnya, PLN juga telah menyerahkan bantuan kepada RSUP Dr. Kariadi berupa berupa 5 uninterruptible power supply (UPS) server 10 kVA untuk memperkuat keandalan listrik RS dan 8 AC standing portable 5 PK, serta 5 unit oksigen portable pada Selasa (13/7/2021).

Terpenuhinya kebutuhan oksigen sangat kritikal dalam penanganan Covid-19. Namun di tengah melonjaknya kasus positif membuat permintaan akan oksigen juga meningkat. Hal ini menyebabkan oksigen sulit didapatkan.

Ke depan, PLN terus berupaya mendapatkan oksigen dan distributornya agar bisa menyalurkan kembali ke beberapa rumah sakit lainnya di wilayah Jateng dan DIY. Proses penyaluran oksigen ini akan dilakukan secara bertahap melalui koordinasi dengan Dinas ESDM Jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya