Dukung Merdeka Belajar, ITNY Jadi Narasumber di Kementerian ATR/BPN
Solopos.com|jogja

Dukung Merdeka Belajar, ITNY Jadi Narasumber di Kementerian ATR/BPN

Institut Teknologi Nasional Yogyakarta atau ITNY menjadi salah satu narasumber di acara Kementerian ATR/BPN tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Solopos.com, JOGJA -- Institut Teknologi Nasional Yogyakarta atau ITNY menjadi salah satu narasumber di acara yang digelar Kementerian ATR/BPN.

Acara yang digelar secara daring tersebut dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Selain itu, acara ini dilakukan untuk berkoordinasi terhadap pelaksanaan kegiatan magang sebagai realisasi kegiatan MBKM.

Baca Juga: Merdeka Belajar, ITNY Bermitra Dengan Pelaku Industri Pertambangan

Dirjen Tata Ruang Kementerian ATR/BPN secara khusus mengundang Kaprodi Perencanaan Wilayah dan Kota ITNY, Yusliana, ST, MEng dalam acara yang diadakan pada Senin (24/5/2021) itu.

Pada kesempatan itu, Yusliana sebagai narasumber "best practice" yang memperoleh hibah dan penerapan kurikulum MBKM oleh Kementrian ATR/BPN.

Baca Juga: ITNY Bantu Desa Gendayakan Wonogiri Angkat Potensi dengan Teknologi Tepat Guna

Dia memaparkan praktik MBKM yang telah dijalankan di lingkungan ITNY. "Mahasiswa yang mengikuti program magang akan mendapatkan nilai tambah berupa pengetahuan dan keterampilan penyusunan RDTR [Rencana Detail Tata Ruang] serta mendapatkan jejaring kerja setelah lulus”, terang Yusliana.

Pendaftaran mahasiswa baru ITNY. (Istimewa)

Tak hanya dari ITNY dan Kementerian ATR/BPN, acara ini juga dihadiri oleh Kemendikbudristek, organisasi perangkat daerah (OPD) dan juga Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia (ASPI).

Baca Juga: Keren, Mahasiswa ITNY Raih Juara 2 Case Studies Minefest ITB

Tak hanya itu, acara ini dihadiri juga oleh perwakilan dosen calon pendamping kegiatan magang di Kementerian ATR/BPN. Lokasi prioritas tahap pertama untuk kegiatan magang penyusunan RDTR di 12 provinsi, yaitu Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, NTB, Aceh, dan Sulawesi Utara.

Sinergi Kementerian ATR/BPN

Sinergi Kementerian ATR/BPN, Kemendikbudriste, dan Perguruan Tinggi diharapkan menjadi bentuk simbiosis mutualisme dalam program MBKM.

Selain itu, kepentingan percepatan penyusunan RDTR di Kementerian ATR dapat sangat terbantu dengan keterlibatan mahasiswa.

Baca Juga: Majukan Industri Alkes Tanah Air, ITNY Jalin Kerja Sama dengan PT MAK

Di acara tersebut, Dirjen Tata Ruang Kementerian ATR/BPN tak lupa memberikan ucapan terima kasih kepada ITNY yang telah bersedia mengirimkan salah satu dosen terbaiknya untuk berbagai pengalaman selama memperoleh hibah dan penerapan MBKM.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago