SOLOPOS.COM - Deklarasi Forumadi untuk Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, agar maju sebagai cagub Jateng 2024 di Hotel Santika, Kota Semarang, Rabu (19/10/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — Forum Mantan Aparatur Desa Indonesia (Forumadi) menggelar deklarasi untuk mendukung Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, maju sebagai calon gubernur (cagub) dalam Pilkada Jateng 2024. Mereka pun mengklaim siap memberikan kontribusi besar untuk pemenangan Gibran sebagai gubernur Jateng.

Ketua Umum (Ketum) Forumadi, Sumarsono, menyebut potensi suara yang akan diberikan untuk Gibran jika maju sebagai cagub pada Pilkada Jateng 2024 tergolong cukup tinggi. Forumadi memperkirakan ada sekitar 800 simpatisan dari organisasinya di tiap kabupaten/kota di Jateng yang siap memberikan dukungan kepada putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tentunya ini [800 dukungan di tiap kabupaten/kota] tidak bisa dianggap enteng. Kemudian juga akan memberikan kontribusi besar,” ujar Sumarsono sesuai acara deklarasi di Hotel Santika, Kota Semarang, Rabu (19/10/2022).

Sumarsono juga memberikan alasan kenapa mantan kepala desa (kades) dan aparatur desa yang tergabung dalam Forumadi itu memberikan dukungan kepada Wali Kota Solo untuk maju sebagai cagub Jateng 2024. Menurutnya, Gibran saat ini tergolong pimpinan daerah yang cukup berhasil kendati usianya masih tergolong muda.

Forumadi melihat Gibran banyak membuat terobosan-terobosan yang memajukan Kota Solo belakangan ini. “Kiprah beliau di Solo memberikan akses manfaat. Jadi perlu dilanjutkan [sebagai cagub] agar lebih luas keberhasilannya,” ujar Sumarsono.

Baca juga: Deklarasi di Semarang, Mantan Kades Dukung Gibran Nyalon Gubernur Jateng

Selain itu, Sumarsono menilai Jateng saat ini membutuhkan sosok pemimpin muda yang penuh energi dan visioner. Pemimpin muda itu tak hanya memiliki kinerja yang baik, tapi juga memiliki pemikiran yang matang dalam menatap masa depan. Hal tersebut, menurut Sumarsono, ada pada diri Gibran Rakabuming Raka.

Sumarsono menambahkan dukungan kepada Gibran untuk maju sebagai cagub Jateng pada Pilkada 2024 itu juga merupakan komitmen mantan kepala desa agar Jateng lebih baik. Langkah ini juga menjadi awal dari dukungan kepada Gibran agar mau mengikuti kontestasi Pilkada 2024 di Jateng.

“Setelah ini kami akan melakukan kepengurusan di tiap kabupaten/kota, termasuk melakukan komunikasi dengan Gibran. Setelah ini kami akan sowan ke Gibran,” jelasnya.

Baca juga: Elektabilitas Gibran Tertinggi di Jateng, Ungguli Taj Yasin dan Hendrar Prihadi

Nama Gibran memang digadang-gadang maju sebagai cagub pada Pilkada Jateng 2024. Hal ini juga terlihat dari hasil survei sejumlah lembaga yang menyatakan tingkat elektabilitas Gibran tertinggi dalam bursa cagub Jateng 2024.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya