SOLOPOS.COM - Dulur Ganjar Pranowo saat mendeklarasikan dukungannya di Kampung Flory, Kabupaten Sleman, Rabu (2/2/2022). (Harianjogja.com-Abdul Hamid Razak)

Solopos.com, SLEMAN — Dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 muncul di Daerah Istimewa Yogyakarta, atau DIY. Mereka menyebut diri sebagai Dulur Ganjar Pranowo dan siap mendongkrak elektabilitas orang nomor satu di jajaran Pemprov Jateng itu untuk maju sebagai RI 1.

Ketua Umum DPP Dulur Ganjar Pronowo (DGP), Raden Zieo Suroto, mengatakan DGP DIY dibentuk setelah Jawa Tengah dan Bali. Saat ini sudah terbentuk DGP di 15 provinsi selain di luar negeri seperti Singapura, Taiwan, Hongkong dan Amerika Serikat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Setelah DIY yang akan dibentuk NTT dan Lampung yang menyatakan siap,” katanya di sela acara Peneguhan Arah Juang DGP di Sleman, Rabu (2/2).

Baca juga: Sukarelawan Pendukung Ganjar Capres 2024 Gelar Panen Bersama di Klaten

Dia mengatakan DPG dibentuk dengan visi misi untuk menaikkan elektabilitas Ganjar Pranowo untuk dicalonkan sebagai presiden meneruskan kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kepengurusan DPG, lanjutnya akan dibentuk hingga tingkat ranting di tiap kecamatan dan kalurahan. “Target kami DPG terbentuk seluruhnya di setiap provinsi pada 2023,” katanya.

Suroto mengatakan peneguhan arah juang ini untuk memberikan SK mandat terhadap DPD kabupaten/kota di DIY. “Tujuannya adalah memberikan SK mandat kepada DPD kabupaten/kota untuk membentuk struktural hingga tingkat Kecamatan. Targetnya bisa menaikkan 2 kali lipat elektabilitas Ganjar dari calon lain,” katanya.

Untuk meningkatkan elektabilitas, Suroto akan memperkuat barisan di akar rumput untuk mendukung Ganjar. “Karena grassroot kekuatan utama. Jadi seluruh Indonesia ini sedang bergulir peneguhan arah juang, setiap kabupaten/kota bahkan sampai desa. Sebentar lagi Kabupaten Semarang akan membentuk DGP di 150 desa yang akan melakukan peneguhan,” ucapnya.

Suroto mengatakan sosok Ganjar dianggap sebagai tokoh yang pantas untuk menjadi presiden meneruskan Jokowi. Dia beralasan, kinerja Ganjar di DPR dan Gubernur Jateng selama dua kali periode sudah diakui. Ganjar dinilai tegas membendung kelompok radikalisme sebagaimana halnya Jokowi.

Baca juga: Petani Milenial Ngawi Deklarasi Dukung Cak Imin Capres 2024

“Pak Ganjar itu seperti Pak Jokowi, merakyat, tegas dan kreatif. Jadi punya solusi seperti di masa pandemi Corona beliau menciptakan Lapak Ganjar dan itu solusi UMKM saat pandemi,” ucapnya.

Ketua DGP DPW DIY, Subandi Kusuma, mengatakan untuk meningkatkan elektabilitas Ganjar di DIY pihaknya akan turun ke lapangan setiap pekan. Termasuk nanti akan membangun Klinik Ganjar untuk membantu kesehatan masyarakat termasuk kegiatan vaksinasi Covid-19.

“Meskipun tingkat popularitas Ganjar di DIY sudah popular, baik sebagai keluarga besar UGM dan pelopor Undang-Undang Keistimewaan DIY, kami akan terus bergerak untuk meningkatkan elektabilitas pak Ganjar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya