SOLOPOS.COM - Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono dan Anies Baswedan (Twitter)

Solopos.com, JAKARTA–Partai Demokrat akhirnya secara terang-terangan mendukung Anies Baswedan menjadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) merasa Anies merupakan sosok yang sesuai dengan kriteria utama partainya dalam mengusung capres pada 2024, yaitu yang mencerminkan perubahan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Bagi Demokrat, Mas Anies adalah tokoh perubahan dan perbaikan,” ujar AHY dalam keterangan tertulis, Kamis (26/1/2023).

Tak hanya Partai Demokrat, dia mengungkapkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Nasdem juga sudah punya satu pandangan untuk mengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Beberapa bulan terakhir, baik Partai Demokrat, PKS, dan Nasdem sudah berkomunikasi secara intensif untuk mematangkan rencana pembentukan koalisi bersama. Dengan demikian, ketiga partai tinggal mencari siapa sosok calon wakil presiden (cawapres) yang cocok untuk dipasangkan dengan Anies Baswedan.

Menurut Ketum Partai Demokrat AHY, Nasdem sudah menyerahkan keputusan penentuan cawapres kepada Anies Baswedan. Sementara, Partai Demokrat dan PKS menyerahkan rekomendasinya masing-masing. AHY mengajak PKS agar sosok cawapres nantinya diserahkan sepenuhnya kepada Anies Baswedan, berdasarkan hasil rekomendasi mereka. Dengan begitu, lanjutnya, semua tetap merasa setara.

“Partai Demokrat akan mengajak PKS agar menyerahkan keputusan bacawapres [bakal calon wakil presiden] kepada bacapres [bakal calon presiden Anies Baswedan] yang kita usung. Dengan demikian, tiga partai memiliki kesetaraan yang sama dalam koalisi,” ungkapnya.

AHY menambahkan saat berkeliling ke daerah-daerah dirinya menerima banyak pertanyaan terkait kapan terbentuknya koalisi antara ketiga parpol. Oleh sebab itu, AHY mendorong segera dibentuk sekretariat bersama (sekber) antara Partai Demokrat, PKS, dan Nasdem sebagai bentuk komitmen mereka untuk bekerja bersama memenangkan capres yang diusung, yakni Anies Baswedan.

Dia menyebut sekber itu sebagai Sekretaris Perubahan. AHY mendorong pimpinan ketiga partai segera bertemu untuk menandatangani nota kesepahaman alias MoU.

“MoU ini idealnya mengatur komitmen ketiga parpol [Partai Demokrat, Nasdem, dan PKS] untuk memperjuangkan harapan rakyat akan perubahan dan perbaikan, khususnya terkait masalah ekonomi, kesejahteraan sosial, keadilan, penegakan hukum, dan demokrasi, sekaligus memberi mandat kepada bacapres [Anies Baswedan] untuk sesegera mungkin menentukan pasangannya,” jelasnya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul AHY Ungkap Alasan Demokrat Dukung Anies Capres 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya