SOLOPOS.COM - Kondisi lengang di dalam gerbong KA Prameks tujuan Solo – Yogyakarta, Sabtu (21/3/2020). (Solopos-Farida Trisnaningtyas)

Solopos.com, SOLO – PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali melakukan penyesuaian perjalanan kereta api (KA) sebagai upaya pencegahan persebaran wabah Covid-19. Setelah memangkas ratusan perjalanan KA jarak jauh, kali ini giliran KA lokal Prambanan Ekspres alias Prameks yang ikut dikurangi jadwal operasionalnya.

Pengurangan jadwal perjalanan KA Prameks ini berlaku mulai Senin (20/4/2020) hingga Kamis (30/4/2020). Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan pihaknya terus menerapkan pembatasan fisik dan penyesuaian perjalanan KA.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Teknisnya berupa pengurangan atau pemberhentian sementara beberapa perjalanan KA mulai Senin (20/4/2020) sampai Kamis (30/4/2020).

Update 18 April 2020: Kasus Positif Covid-19 di Indonesia 6.248 Orang, Sembuh 631

“Terdapat pengurangan sementara beberapa perjalanan KA lokal Prameks serta penghentian atau pembatalan sementara perjalanan KA antarkota Joglosemarkerto, dan KA Sancaka,” ujarnya, kepada Solopos.com, Sabtu (18/4/2020).

Eko menjelaskan ada 13 perjalanan KA Prameks yang dibatalkan, yakni 3 KA relasi Solo Balapan – Yogyakarta, 3 KA relasi Solo Balapan – Kutoarjo, 2 KA relasi Yogyakarta – Solo Balapan, 4 KA relasi Kutoarjo – Solo Balapan, dan 1 KA relasi Yogyakata – Kutoarjo.

Sedangkan untuk KA antarkota KA Joglosemarkerto juga dibatalkan 3 perjalanan, yakni 1 KA relasi Purwokerto – Solo Balapan, 1 KA relasi Solo Balapan – Semarang Tawang, dan 1 KA relasi Solo Balapan – Yogyakarta, dan 1 KA relasi Yogyakarta – Solo Balapan.

Tenggelam di WGM Area Nguntoronadi, Mayat Kakek 75 Tahun Ditemukan di Baturetno Wonogiri

Menurutnya, pembatalan atau pengurangan KA ini sebagai penerapan imbauan #dirumahsaja dari Pemerintah, serta akibat jumlah penumpang yang sangat rendah. Dengan demikian, PT KAI Daop VI Yogyakarta mengambil langkah untuk menyeseuaikan perjalanan KA dengan mengurangi maupun membatalkan beberapa perjalanan KA termasuk Prameks.

Di samping itu, pihaknya juga mendukung Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang mulai diterapkan di berbagai daerah untuk mencegah virus corona.

“Pembatalan perjalanan ini diberlakukan sementara hingga 30 April 2020, atau dapat menyesuaikan kembali sesuai situasi maupun kondisi di lapangan,” imbuhnya.

Ajak Koordinasi Tangani Corona Disebut Cari Sensasi, Rudy: Saya Fokus Daerah Sendiri Saja

Penumpang Diminta Menyesuaikan Jadwal

Di sisi lain, pihaknya mengimbau pengguna KA Prameks yang memang memiliki kepentingan mendesak agar menyesuaikan jadwal yang ada. Menurutnya, kini masih ada 8 perjalanan KA Prameks yang beroperasi seperti biasanya.

Di samping itu, tiket KA yang beroperasi tetap dijual hanya 50% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia. Para penumpang pun wajib menggunakan masker saat di stasiun maupun perjalanan menggunakan kereta.

Selain itu, penumpang juga dilakukan pengecekan suhu tubuh saat proses boarding, menjaga kebersihan dengan cuci tangan pakai sabun maupun menggunakan hand sanitizer sebelum bepergian. Serta menjaga jarak saat di stasiun maupun saat perjalanan menggunakan kereta.

“Kami mohon maaf atas adanya penyesuaian berupa pengurangan operasional KA tersebut. Bagi para penumpang yang KA yang dibatalkan tersebut akan dikembalikan bea tiketnya sebesar 100%,” ungkapnya.

Ini Jadwal KA Prameks yang Masih Beroperasi

4 Relasi Yogyakarta – Solo Balapan:

Pukul 05:15 WIB

Pukul 08:20 WIB

Pukul 12:05 WIB

Pukul 15:55 WIB

4 Relasi Solo Balapan – Yogyakarta:

Pukul 06:35 WIB

Pukul 09:50 WIB



Pukul 14:20 WIB

Pukul 18:12 WIB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya