SOLOPOS.COM - Ilustrasi cabai rawit merah. (Solopos-dok)

Solopos.com, JAKARTA–Harga cabai rawit merah di Jakarta tembus Rp120.000 per kilogram pada hari ini, Selasa (7/6/2022).

Informasi Pangan Jakarta melaporkan harga cabai rawit merah tertinggi di pasar di wilayah Jakarta, tepatnya Pasar Mayestik, Jakarta Selatan, telah mencapai Rp120.000 per kilogram.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara harga terendah ditemukan di Pasar Pluit, Jakarta Utara dengan harga Rp70.000 per kilogram.

Sebelumnya, harga cabai rawit merah sempat turun setelah lebaran, tapi kembali naik pada pertengahan Mei 2022 yang ditengarai akibat masalah distribusi yang tidak merata.

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia menengarai distribusi yang tidak merata menjadi pemicu kenaikan harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional.

Baca Juga: Harga Cabai di Karanganyar Meroket , Rawit yang Naiknya Paling Pedas

Sekretaris Jenderal Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Reynaldi Sarijowan mengatakan stok cabai yang terdistribusi tidak merata mendongkrak harga komoditas hortikultura itu.

“Kita panen raya di bulan lalu, tetapi masalahnya barang ini nggak tersalurkan merata ke seluruh wilayah,” kata Reynaldi, Sabtu (4/6/2022).

Sementara itu, dalam periode 1 Juni hingga 7 Juni 2022, rata-rata harga cabai rawit merah di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur sudah naik dari Rp80.000 menjadi Rp100.000 per kilogram.

Artinya harga komoditas tersebut sudah Rp20.000 per kilogram hanya dalam satu pekan.

Kementerian Perdagangan mengatakan bahwa kenaikan harga cabai disinyalir akibat cuaca di sentra produksi cabai.

Baca Juga: Pedes Nampol, Harga Cabai Rawit Merah di Boyolali Tembus Rp90.000/Kg

Akibatnya pasokan cabai pun saat ini berada di bawah pasokan normal (123 ton).

“Kenaikan harga cabai disinyalir karena curah hujan tinggi dan serangan penyakit antraknosa/patek di sentra produksi (Tuban, Blitar, dan Kediri),” tulis Kemendag dalam laporan Perkembangan Harga, Inflasi, dan Stok Indikator Barang Kebutuhan Pokok, Senin (6/6/2022).

Secara nasional, per 6 Juni 2022 harga eceran cabai rawit merah tertinggi ditemukan di Bangka Belitung sebesar Rp138.750 per kilogram dan terendah di Sulawesi Barat, yaitu Rp40.000 per kilogram.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Astaga! Harga Cabai di Jakarta Tembus Rp120.000 per Kilogram

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya