Duh, Ada Bupati Pecat Sekda karena Akan Jadi Rival di Pilkada

Bupati Sula mencopot Sekda tanpa izin dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.
Duh, Ada Bupati Pecat Sekda karena Akan Jadi Rival di Pilkada
SOLOPOS.COM - Menpan RB, Tjahjo Kumolo. (Antara/HO-Kemenpan RB)

Solopos.com, JAKARTA – Praktik tak dewasa dalam berpolitik terjadi di  Indonesia. Seorang bupati memecat sekretaris daerah (sekda) karena keduanya akan menjadi rival dalam pemilihan kepala daerah.

Fakta itu diungkap Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR RI, Senin (20/9/2021) yang tayang secara virtual.

Baca Juga: Puan Maharani Terima Beasiswa PIP, Begini Kisahnya… 

“Kami dengan KASN ini dipusingkan bupati sudah memecat sekda, padahal nggak jelas salahnya apa itu nggak ada, hanya karena tahun depan ini menjadi rival. Rival bupati incumbent itu mau mencalonkan lagi karena ini (sekda) rivalnya. Ini permasalahan-permasalahan yang muncul, salah satu contoh yang kami sampaikan,” katanya seperti dikutip detik.com.

Kepentingan Politik

Namun Tjahjo tidak membeberkan identitas kepala daerah yang memecat anak buahnya hanya karena kepentingan politik.

Dia juga tak memerinci bupati dan sekda yang dipecat akan menjadi rival dalam ajang apa.

Awalnya Tjahjo merespons permintaan anggota Komisi II untuk menjelaskan permasalahan Bupati Kepulauan Sula yang mencopot sekda. Tapi contoh yang dia sampaikan di atas tak merujuk ke Bupati Sula.

Jadi Konflik

“Menyangkut Sula nanti kami mohon dari KASN juga bisa ngejawab karena memang masih menjadi konflik sekarang ini,” tuturnya.

Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto pada kesempatan selanjutnya menjelaskan bahwa Bupati Sula mencopot Sekda tanpa izin dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

“Kami sudah memberikan klarifikasi dan sudah memberikan rekomendasi. Hanya saja kami memang masih memonitor terus bagaimana tindak lanjut dari kepala daerah. Ini fenomena yang terjadi pasca-Pilkada,” tambahnya.

 

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago