SOLOPOS.COM - Ada fakta baru asal-usul virus Corona (ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, JAKARTA--Dugaan virus Corona berawal dari bocor laboratorium Wuhan kembali mencuat. Teori kontroversial ini kali pertama dikemukakan mantan Presiden AS, Donald Trump.

Selain dugaan "bocor" dari laboratorium Wuhan ada juga yang menyatakan penyakit ini direkayasa sebagai senjata biologis. Hampir satu setengah tahun sejak Covid-19 terdeteksi pertama kali di kota Wuhan, China. Hingga kini pertanyaan tentang bagaimana virus tersebut pertama kali muncul masih menjadi misteri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tetapi dalam beberapa pekan terakhir, klaim kontroversial bahwa pandemi mungkin telah bocor dari laboratorium Wuhan, yang pernah dianggap oleh banyak orang sebagai teori konspirasi, telah mendapatkan perhatian lagi.

Presiden AS Joe Biden telah mengumumkan penyelidikan mendesak yang akan melihat teori virus Corona bocor dari lab Wuhan sebagai kemungkinan asal muasal penyakit tersebut.

Baca Juga: Kocak! Wanita Ini Ajak Jungkook BTS ke acara Pernikahan, Auto Viral

Ada sejumlah alasan munculnya teori Corona "bocor" dari laboratorium Wuhan. Ada kecurigaan bahwa virus korona mungkin telah lolos, secara tidak sengaja atau tidak, dari laboratorium di Kota  Wuhan di China tengah, tempat virus kali pertama tercatat.

Mereka yang percaya dengan teori itu berpendapat pada keberadaan fasilitas penelitian biologi utama di kota. Institut Virologi Wuhan (WIV) telah mempelajari virus Corona pada kelelawar selama lebih dari satu dekade.

Mengutip laman detikcom, Jumat (28/5/2021), laboratorium tersebut terletak hanya beberapa kilometer dari pasar basah Huanan tempat infeksi pertama muncul di Wuhan. Mereka yang mendukung teori tersebut mengatakan bisa saja bocor dari fasilitas ini dan menyebar ke pasar basah.

Sementara banyak media dan politik menolak ini sebagai teori konspirasi pada saat itu, yang lain menyerukan pertimbangan lebih lanjut tentang kemungkinan tersebut. Meski demikian, ide tersebut muncul kembali dalam beberapa pekan terakhir.

Mengapa spekulasi ini virus Corona "bocor" dari laboratorium Wuhan muncul lagi?

Karena laporan yang beredar di media AS telah menimbulkan kekhawatiran baru atas teori kebocoran laboratorium. Beberapa ilmuwan yang dulunya skeptis terhadap gagasan tersebut telah mengungkapkan kecurigaannya pada teori virus Corona "bocor" dari laboratorium Wuhan.

Baca Juga: Blak-Blakan Pernyataan Felicia Tissue Soal Kaesang, Begini Respons Gibran

Sebuah laporan intelijen AS mengatakan tiga peneliti di laboratorium Wuhan dirawat di rumah sakit pada November 2019, tepat sebelum virus mulai menginfeksi manusia di kota.

"Kemungkinan itu pasti ada, dan saya sepenuhnya mendukung penyelidikan penuh apakah itu bisa terjadi," kata Anthony Fauci, kepala penasihat medis Presiden Biden, kepada komite senat AS pada 11 Mei.

Sementara itu investigasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) seharusnya bisa sampai ke dasarnya, tentang asal usul virus Corona tetapi banyak ahli penyelidikan itu malah menghasilkan lebih banyak pertanyaan daripada jawaban.

Sebuah tim ilmuwan yang ditunjuk WHO terbang ke Wuhan awal tahun ini dalam misi untuk menyelidiki sumber pandemi. Setelah menghabiskan 12 hari di sana, termasuk kunjungan ke laboratorium, tim menyimpulkan teori kebocoran laboratorium "sangat tidak mungkin".

Tetapi banyak yang mempertanyakan temuan mereka. Hingga kini masih banyak yang belum diketahui soal asal-usul Covid-19, apakah betul dari laboratorium Wuhan? Para ahli meminta WHO kembali menyelidiki dan transparan mengenai temuannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya