SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, JAKARTA — Duet Ganjar Pranowo dan Erick Thohir dinilai sebagai kombinasi yang ideal dan saling melengkapi dalam Pemilihan Presiden 2024.

Penilaian itu disampaikan pengamat politik dari Universitas Airlangga Hotman Siahaan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Guru besar Universitas Airlangga itu menilai duet Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai calon presiden dan wakil presiden merupakan duet ideal dan saling mengisi.

“Saya kira pasangan Ganjar-Erick ini cukup ideal, saling mengisi. Ganjar sosok Solidarity Maker, Erick sosok Administrative Maker,” kata Hotman dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (15/6/2022).

pemilihan presiden 2024
Erick Thohir (Antaranews)

Sebagai Solidarity Maker, tutur ia melanjutkan, Ganjar memiliki massa yang luas dan banyak. Di satu sisi, Erick Thohir sebagai Administrative Maker memiliki kinerja dengan prestasi hebat di BUMN.

Baca Juga: Politikus PDIP Kritik Erick Thohir karena Tak Dukung Formula E

Hotman Siahaan memperkirakan, elektabilitas pasangan Ganjar-Erick akan terus meningkat.

“Saya kira elektabilitas duet pasangan ini akan makin tinggi ke depan, apalagi kalau keduanya makin aktif menyapa masyarakat di berbagai lapisan terutama di grassroot (akar rumput),” ucapnya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya menyampaikan bahwa dalam kategori survei cawapres, Erick Thohir berada di tiga teratas pilihan responden.

Baca Juga: Disebut Kemlinthi oleh Elite PDIP, Ini Tanggapan Ganjar Pranowo

Elektabilitas Erick tercatat sebesar 9,8 persen, berada di bawah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (27,6 persen) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (16,5 persen).

Meskipun demikian, elektabilitas Erick mengungguli nama-nama lain seperti Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (8,8 persen), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (6,4 persen), Ketua DPR RI Puan Maharani (4,2 persen), Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (2,6 persen), dan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (2,1 persen).

“Pada kategori calon Wakil Presiden, nama Sandiaga Uno berada pada posisi teratas, diikuti berikutnya oleh Ridwan Kamil dan Erick Thohir,” tutur Yuniarto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya