SOLOPOS.COM - Mantan Presiden China Jiang Zemin meninggal dunia akibat leukimia dan kegagalan multi-organ tubuh dalam usia 96 tahun di Shanghai pada Rabu (30/11/2022) siang. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun mengirim surat ucapan duka cita atas wafatnya mantan Presiden China Jiang Zemin.

Jiang Zemin meninggal dunia akibat leukimia dan kegagalan multi-organ tubuh dalam usia 96 tahun di Shanghai pada Rabu (30/11/2022) siang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Atas nama pejabat dan staf Kedutaan Besar Republik Indonesia serta atas nama pribadi, dengan penuh duka cita saya ingin menyampaikan ucapan belasungkawa atas berpulangnya Yang Mulia Jiang Zemin, mantan Presiden Republik Rakyat China,” kata Dubes membacakan surat duka cita, Sabtu (3/12/2022).

Surat duka cita bertanggal 30 November 2022 tersebut dibawa oleh Koordinator Fungsi Protokol dan Kekonsuleran KBRI Beijing Victor Hardjono ke kantor Kementerian Luar Negeri China di Beijing pada Kamis (1/12/2022).

Baca Juga: Pesawat Siluman B-21 Raider: Berharga Rp10,8 Triliun, Mampu Bawa Nuklir

Menurut Dubes Djauhari, Jiang Zemin turut berperan dalam peningkatan hubungan bilateral China dan Indonesia.

Jiang pernah bertemu Presiden Indonesia Soeharto pada Konferensi Tingkat Tinggi Forum Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (KTT APEC) 1994 di Bogor.

Presiden China periode 1993-2003 itu juga pernah menerima kunjungan kenegaraan Presiden Megawati Soekarnoputri di Balai Agung Rakyat, Beijing, pada 24 Mei 2002.

Baca Juga:John Lee Positif Covid-19 Seusai dari KTT APEC, Istana Pastikan Jokowi Sehat

Pada saat itu, dia menawarkan bantuan pinjaman senilai 400 juta dolar AS kepada Indonesia untuk meningkatkan hubungan kerja sama bilateral dengan China yang saling menguntungkan dan mendukung program pembangunan ekonomi di Indonesia.

“Baik Indonesia maupun China adalah negara berkembang yang memiliki pengaruh besar di dunia. Kedua negara telah memberikan kontribusi penting untuk mempromosikan persatuan dan kerja sama di antara negara-negara Asia dan Afrika 50 tahun lalu,” kata Jiang 20 tahun lalu.

Baca Juga: Bahas 3 Isu Penting, Jokowi Bertemu Chief Executive Hong Kong!

Jiang Zemin meninggal dunia akibat leukimia dan kegagalan multi-organ tubuh dalam usia 96 tahun di Shanghai pada Rabu (30/11/2022) siang.

Jenazah Sekretaris Jenderal Partai Komunis China (CPC) periode 1992-2002 itu tiba di Bandar Udara Militer Xijiao, Beijing, pada keesokan harinya dengan disambut Presiden Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Keqiang beserta jajaran elite pemerintah dan elite CPC.

Baca Juga: 10 Negara Tergabung dalam ASEAN, Ini Profilnya

Upacara perkabungan digelar di Balai Agung Rakyat pada Selasa (6/12).

Pimpinan CPC menyerukan pengibaran bendera nasional setengah tiang di China dan di kantor-kantor perwakilan pemerintah China di luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya