Dua Ton Bantuan Korban Bencana Alam Diangkut Hercules Menuju Mamuju-Majene
Solopos.com|soloraya

Dua Ton Bantuan Korban Bencana Alam Diangkut Hercules Menuju Mamuju-Majene

Solopeduli dan TNI AU menyalurkan bantuan untuk korban bencana alam di Mamuju-Majene, Sulawesi Barat. Bantuan sebanyak 2 ton itu diangkut menggunakan pesawat Hercules dari Lanud Adi Soemarmo Boyolali.

Solopos.com, BOYOLALI -- Dua ton bantuan berupa bahan kebutuhan pokok diterbangkan dari Lanud Adi Soemarmo, Boyolali, ke Sulawesi Barat, Kamis (11/2) pagi. Barang kebutuhan pokok itu akan digunakan untuk membantu korban bencana alam di Mamuju-Majene, Sulawesi Barat. Penyaluran bantuan tersebut merupakan kerja sama Yayasan Solo Peduli Ummat dan TNI Angkatan Udara (AU).

Kepada wartawan, Direktur Utama Yayasan Solo Peduli Umat atau Solopeduli, Sidik Ansori, mengatakan bantuan yang dikirim berupa bahan kebutuhan pokok, seperti beras, gula, minyak, termasuk abon, madu dan sebagainya. "Bantuan ini merupakan hasil penghimpunan dari masyarakat di Jawa Tengah. Melalui kerja sama dengan TNI AU ini kami menyalurkan dalam wujud sembako [kebutuhan pokok], ada beras gula minyak, abon, madu, dan yang lain," jelas dia.

Selain itu ada dua sukarelawan yang turut dikirim ke Mamuju-Majene. Selain pemberian bantuan dalam bentuk kebutuhan pokok, ditargetkan juga akan membantu masyarakat membangun tempat ibadah serta sarana dan prasarana lainnya. Pihaknya juga akan membantu untuk tenaga kesehatan yang menolong korban gempa di lokasi tersebut.

Baca juga: Seniman Hadiahkan Mural "Maturnuwun Pak Rudy" untuk Wali Kota Solo

"Nanti di sana [Mamuju-Majene] ada sukarelawan daerah yang siap bekerja sama untuk pendistribusian bantuan maupun membantu secara teknis di lapangan," lanjut dia.

Pengiriman bantuan bahan kebutuhan pokok itu kerja sama Solopeduli dengan TNI AU. (Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi)

Hercules Spesial

Bantuan tersebut diterbangkan dari Lanud Adi Soemarmo menggunakan pesawat Hercules A1330. Sejak Kamis sekitar pukul 06.30 WIB, bantuan sudah dimasukkan ke dalam pesawat.

PIC A1330 dari Skadron Udara 33 Lanud Hasanudin Makasar, Mayor Penerbang Yayan Sofyan, mengatakan pesawat Hercules ini selalu digunakan untuk mengirim bantuan korban bencana alam maupun untuk kegiatan kemanusiaan lainnya. "Baik ke berbagai penjuru di Indonesia bahkan ke luar negeri. Hari ini kami akan menuju Mamuju," kata dia.

Baca juga: Gerebek Gudang Palawija di Blora, Polisi Sita 14,95 Ton Pupuk Bersubsidi

Menurutnya, pengiriman bantuan menuju Mamuju sudah dilakukan beberapa kali dari berbagai daerah. Pesawat tersebut juga sempat digunakan untuk mengangkut pengungsi untuk keluar dari Mamuju. Termasuk mengangkut pengungsi dari Mamuju menuju Solo dan Malang.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago