SOLOPOS.COM - Dua tim robotik Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Sultan Agun (Unissula) Semarang, siap berlaga di Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat Nasional. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — Dua tim robotik Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Sultan Agun (Unissula) Semarang, siap berlaga di Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat Nasional yang akan digelar 29 Juni sampai 3 Juli 2022 mendatang di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Selasa (21/6/2022), dua tim robotik tersebut, sebelumnya lolos di ajang KRI Wilayah I yang berlangsung belum lama ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dekan FTI  Unissula Dr Ir Novi Marlyana ST MT, mengatakan dua tim robotik tersebut adalah Tim Latansa yang berlaga dalam Divisi Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI) dan berhasil meraih juara 4 (harapan 1) dan Tim Abhipraya yang maju dalam divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) yang mendapatkan undangan untuk berlaga di tingkat nasional.

Untuk Divisi KRAI di tingkat nasional nantinya diikuti 24 perguruan tinggi negeri dan swasta se Indonesia. Sedangkan yang KRSTI akan diikuti 15-an PTN dan PTS.

“Tim robotik FTI saat ini tengah mempersiapkan diri untuk maju ke KRI Tingkat Nasional, dan berharap akan menjadi juara. Persiapan kami sudah mengoptimalkan robot dan siap bertanding dengan memperbaiki strategi untuk bisa tampil semaksimal mungkin. Termasuk persiapan mekanik yang lebih bagus,” jelasnya di kampus Unissula, Senin (20/6/2022).

Baca Juga: Sharing Knowledge, Prodi PWK Unissula Berkunjung ke ITNY

Menurutnya, sejak tahun 2006, FTI Unissula memiliki tim robotik sebagai wadah ajang kreativitas mahasiswa yang selalu mengikuti ajang KRI dan sering mendapatkan juara.

”Bahkan di tahun 2016, kami mengirimkan empat tim untuk berlaga dalam ajang kontes robot internasional di Amerika Serikat dan mendapatkan juara,” jelasnya.

Tim Latansa berganggotakan Firman Yuris Setiyadi, Muhamad Iqbal Firmansyah, Muhamad Riyan Fathurohman, Muhammad Ilham Badri Atmaja, Muhammad Rifky Aulia, dan Muhamad Nurul Aziz dengan dosen pembimbing Bustanul Arifin ST MT.

Sedangkan Tim Abhipraya beranggotakan Nikmatul Azizah, Rian Pambudi, dan Sulis Diantoro dengan dosen pembimbing Eka Nuryanto Budidusila ST MT, dengan Ketua Tim Robotik FTI Unissula, Muhammad Singgih Raharjo dan Samsul Wahab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya