SOLOPOS.COM - Talud di Kricak jebol akibat hujan lebat pada Kamis (18/3). (Istimewa/FKYB Kricak)

Solopos.com, JOGJA -- Terdampak hujan deras beberapa waktu lalu, dua talud di Kota Jogja jebol, pada Kamis (18/3). Akibat kejadian ini empat rumah yang berada di dekat talud terancam.

Lokasinya, satu talud yang jebol berada di pinggir Sungai Gajahwong, Sambirejo, Prenggan, Kotagede, Jogja. Kejadian sekitar pukul 20.40 WIB ini mengancam dua rumah warga yang berada di sekitarnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara satu talud lain yang jebol berada di Kricak Kidul, Kricak, Tegalrejo, Jogja. Talud yang jebol sekitar pukul 16.15 WIB ini membuat dua orang yang rumahnya berada di sekitarnya mengungsi.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca jugaRatusan Warga Beruk Terisolasi Akibat Longsor, BPBD Karanganyar Pastikan Akses Jalan Terbuka Sore Ini

Menurut Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja, Iswari Mahendrarko, pihaknya telah melakukan tindakan darurat. Yakni dengan memberikan terpal dan kantung pasir di lokasi talud yang jebol di dua lokasi Kota Jogja itu. Hal ini untuk mengurangi dampak yang meluas.

“Untuk penanganan talud jebol, sesuai kewenangan akan ditindaklanjuti oleh Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman Jogja,” kata Iswari yang dihubungi secara daring pada Jumat (19/3/2021).

Baca juga10 Berita Terpopuler : Kisah Buruh Pabrik Klaten Dapat Ganti Rugi Tol Solo-Jogja Rp2,5 Miliar

Ketua Forum Kampung Tangguh Bencana (FKTB) Kricak, Teguh Dwiatmoko mengatakan talud yang jebol di wilayahnya merupakan talud sementara. Talud yang berbentuk kantung pasir. Beberapa hari sebelumnya, talud tersebut pernah jebol.

“Kemudian kemarin [Kamis (18/3)] hujan lebat lagi, jadi jebol lagi. Dan hari ini sudah ada bantuan batu untuk memperbaiki talud tersebut," kata Teguh.

Saat ini, talud yang jebol sedang dalam masa perbaikan. Tidak ada korban jiwa dalam peritiwa ini. Talud yang jebol di Kricak berada di Rukun Tetangga (RT) 035, Kricak Kidul, Jogja. Selain talud di tempat tersebut, Teguh mengatakan belum ada talud lain yang jebol.

Baca jugaWaduuuh! 6 Batu Bata Merah Berukir Sulur yang Langka di Situs Mbah Gempur Klaten Hilang

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya