SOLOPOS.COM - Ilustrasi kecelakaan lalu lintas. (Antara)

Solopos.com, SEMARANGOperasi Zebra Candi 2021 telah selesai. Operasi keselamatan lalu lintas yang digelar di wilayah Jawa Tengah (Jateng), selama dua pekan, 15-28 November 2021 itu berjalan aman dan lancar.

Namun, selama dua pekan pelaksanaan Operasi Zebra Candi itu, Ditlantas Polda Jateng mencatat ada 605 kejadian kecelakaan. Dari 605 kecelakaan lalu lintas itu, 31 orang dilaporkan meninggal dunia, 17 mengalami luka berat, dan 720 luka ringan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jumlah kasus kecelakaan ini terbilang menurun jika dibandingkan periode yang sama bulan lalu, Oktober 2021. Selama tanggal 15-28 Oktober 2021, Polda Jateng mencatat ada 1.035 kasus kecelakaan di wilayahnya.

Baca juga: Operasi Zebra Candi, 309 Kecelakaan di Jateng, Terbanyak di Daerah Ini

Dari banyaknya kasus kecelakaan itu, sekitar 173 orang dilaporkan meninggal dunia. Kemudian 2 orang dilaporkan mengalami luka berat, dan 1.184 orang mengalami luka ringan.

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jateng, Kombes Pol. Agus Suryo Nugroho, menyebutkan Operasi Zebra Candi 2021 digelar dalam rangka mewujudkan ketertiban berlalu lintas masyarakat.

Ia juga meminta jajaran Satlantas Polres di seluruh Jateng untuk mengedepankan sikap preemtif dan preventif dalam melaksanakan tugas selama Operasi Zebra Candi 2021.

“Saya mohon tidak ada aparat yang melanggar hukum. Tidak ada komplain negatif, adanya pujian sebagai pelindung dan pengayom masyarakat,” ujar Dirlantas Polda Jateng.

Baca juga: Innalilahi! 10 Bulan, 150 Orang di Cilacap Tewas, Ini Pemicunya

Dirlantas juga meminta jajarannya kembali mengencarkan razia dalam pelaksanaan Operasi Zebra Candi. Sasarannya adalah pelanggar lalu lintas yang kasat mata, seperti tidak memakai helm, melanggar marka, dan melawan aru, serta melanggar protokol kesehatan.

Meski demikian, ia mengingatkan kepada jajarannya selama pelaksanaan Operasi Zebra Candi tidak melakukan penilangan dan lebih mengedepankan tindakan berupa teguran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya