SOLOPOS.COM - Wajah MSA alias Bechi, anak kiai Jombang DPO kasus dugaan pencabulan. (Twitter)

Solopos.com, JOMBANG — Upaya polisi menangkap anak kiai pengasuh Pondok Pesantren Majma’al Bahroin Hubbul Wathon minal Iman Shiddiqiyyah di Jombang, Jawa Timur, yang berstatus tersangka kasus pencabulan berjalan dramatis.

Kasus dugaan pencabulan terhadap santriwati dengan tersangka Moch. Subchi Azal Tsani (MSA) alias Mas Bechi telah bergulir sejak 2019. Akan tetapi, sampai saat ini proses hukum belum bisa dilakukan karena tersangka yang terus mangkir dari panggilan kepolisian.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berdasarkan catatan redaksi, kasus ini awalnya ditangani Polres Jombang. Namun, seiring berjalannya waktu kasus ini diambil alih Polda Jawa Timur karena menemui banyak kendala.

Bukan perkara mudah mengusut kasus ini karena meski sudah tiga kali berganti pimpinan, Polda Jatim belum berhasil membawa kasus ini ke pengadilan. Hal ini disebabkan sikap tersangka yang tidak kooperatif.

Kasus dugaan pencabulan yang melibatkan anak kiai ternama di Jombang itu bermula saat seorang santri asal Jawa tengah melapor ke Polres pada Oktober 2019.

Baca juga : Polda Jatim: Anak Kiai Jombang DPO Cabul Masih Dicari, Belum Ditangkap

Akan tetapi, kasus itu jalan ditempat saat ditangani Polres Jombang. Sampai akhirnya diambil alih Polda Jawa Timur.

Pada Januari 2022, Mas Bechi ditetapkan sebagai tersangka dan berkasnya dinyatakan lengkap. Anak kiai di Jombang itu juga masuk daftar pencarian orang (DPO) karena tidak pernah memenuhi panggilan polisi.

Penangkapan Anak Kiai Jombang

Tim dari Polda Jatim pun melakukan upaya jemput paksa terhadap anak kiai Jombang yang menjadi tersangka kasus pencabulan tersebut pada Minggu (3/7/2022) pukul 12.45 WIB. Upaya jemput paksa sempat dihalang-halangi jemaah pesantren.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Polisi Dirmanto, mengatakan mobil berpelat nomor S 1741 ZJ sempat menghalang-halangi polisi saat hendak menangkap MSA pada Minggu.

Sopir mobil tersebut, Dede, akhirnya ditangkap pada Kamis (7/7/2022) saat polisi mengepung Ponpes Shiddiqiyah dalam upaya menangkap anak Kiai Mukhtar Mukthi.

Baca juga : Anak Kiai Jombang DPO Cabul Dijemput Paksa, Mas Bechi Menyerahlah!

Sayangnya sampai saat ini keberadaan Mas Bechi masih menjadi misteri. Polisi asih berupaya menyisir dan mencari keberadaan tersangka di lingkungan Pondok Pesantren Shiddiqiyyah Jombang yang luasnya sekitar lima hektare.

Dia pun menegaskan pihaknya akan berfokus mencari dan menangkap tersangka pada hari ini. “Sampai sekarang masih proses pencarian yang bersangkutan. Kami berupaya mencari yang bersangkutan sampai dapat,” tegasnya.

Sebelumnya dia meminta doa dari masyarakat agar  anak kiai Jombang tersangka pencabulan itu berhasil ditangkap. “Kami mohon doa agar Polda Jawa Timur berhasil menangkap yang bersangkutan hari ini,” tandasnya.

Dalam upaya penangkapan dan penjemputan paksa anak kiai di Jombang itu, polisi mengamankan sekitar 60 simpatisan yang berada di pondok pesantren.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya