SOLOPOS.COM - Pengendara sepeda motor menghindari lubang pada papan lantai jembatan Jurug A, Jebres, Solo, Selasa (21/6/2022). (Solopos.com/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLOJembatan Jurug A yang merupakan jembatan tertua di Jurug, Solo, akan menjadi jembatan darurat khusus pengendara motor selama Jurug B dan Mojo ditutup. Tujuannya mengurangi beban arus lalu lintas di Jembatan Jurug C.

Selain itu juga supaya pengendara roda dua memiliki pilihan yang lebih aman dibandingkan melalui jembatan sasak yang belum terjamin keamanannya. Saat ini, Jembatan Jurug A sedang diuji coba dan dipantau secara berkala oleh PT Bukaka selaku kontraktor pengerjaan Jembatan Jurug B.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Solo terus memantau dan menunggu hasil uji coba agar Jembatan Jurug A bisa secepatnya dimanfaatkan sebagai jembatan darurat.

Kepala DPUPR Kota Solo, Nur Basuki, saat ditemui Solopos.com, Selasa (4/10/2022), menjelaskan dengan dibukanya Jembatan Jurug A untuk jembatan darurat diharapkan beban di Jembatan Jurug C bisa berkurang.

“Jadi sekalian meluruskan, jembatan darurat itu tidak dibangun di Beton, tapi jembatan darurat itu adalah Jembatan Jurug A yang saat ini sedang dipantau dan diuji coba oleh PT Bukaka. Memang dibutuhkan jembatan darurat terutama untuk pengendara roda dua, sehingga Jembatan Jurug C bebannya bisa berkurang,” jelasnya.

Baca Juga: Soal Jembatan Sasak Beton-Gadingan, DPUPR Solo Pasrahkan ke Balai Besar Sungai

Mengenai kapan Jurug A bisa mulai digunakan, Nur Basuki mengaku belum mengetahui secara pasti. Menurut Nur Basuki, Jembatan Jurug A masih memiliki potensi dilewati kendaraan roda dua. Meskipun demikian, diperlukan uji coba guna memastikan kesiapan dari Jurug A.

Jembatan Jurug A Perlu Diperbaiki Lantainya

“Kalau kapannya ya menunggu hasil uji coba dari PT Bukaka seperti apa hasilnya. Jembatan Jurug A kita sudah lihat potensinya masih bisa dilewati kendaraan roda dua. Namun ya itu tadi perlu kajian untuk memastikan dulu kesiapan dari Jembatan Jurug A seperti apa,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, General Manager Konstruksi PT Baja Titian Utama, Bambang Nurhadi, mengatakan Jembatan Jurug A diharapkan bisa segera dioperasikan untuk kendaraan roda dua.

Baca Juga: Bakal Dibuka untuk Kendaraan Roda Dua, Kontraktor Uji Jembatan Jurug A Solo

“Saat ini sedang dilakukan proses pengujian statis dan dinamis oleh konsultan di Jembatan Jurug A, pengujian yang dilakukan adalah uji coba statis dan dinamis. Nanti kita lihat kemampuan struktur Jembatan Jurug A seperti apa agar bisa dilewati kendaraan roda dua,” jelasnya, Senin (3/10/2022).

Bambang menilai jika Jembatan Jurug A Solo bisa jadi jembatan darurat untuk kendaraan roda dua, namun masih perlu perbaikan terutama di lantai jembatan yang banyak berlubang. Selain itu, diperlukan izin dinas terkait sebelum Jembatan Jurug A bisa dilewati.

“Kalau nanti hasil uji coba sudah ada hasilnya, bisa kita lihat kekuatan strukturnya seperti apa, nanti kita akan perbaiki lantainya dulu supaya tidak berlubang, baru nanti kita mintakan izin supaya Jembatan Jurug A bisa dilewati roda dua,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya