SOLOPOS.COM - Ilustrasi perbaikan jalan (dok)

Ilustrasi perbaikan jalan (dok)

SOLO--Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Solo memastikan proyek pemeliharaan jalan dan lingkungan di Kota Solo tahun 2012 ini tetap dibiayai dengan dana senilai Rp1,5 miliar dari APBD.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagai informasi, anggaran pemeliharaan jalan dan lingkungan tersebut sempat dipertanyakan kalangan DPRD Kota Solo lantaran diduga mengalami perubahan dari kesepakatan semula.

Seperti diberitakan sebelumnya, anggaran pemeliharaan jalan dan lingkungan di Kota Solo tahun 2012 yang semula disepakati disepakati oleh Banggar DPRD dan Tim Anggaran Pendapatan Daerah (TAPD) Kota Solo Rp1,5 miliar, berubah dari kesepakatan menjadi Rp750 juta.

Kepala DPU Kota Solo, Agus Djoko Witiarso mengemukakan anggaran pemeliharaan jalan tersebut dibagi untuk dua item pengerjaan. Pertama, senilai Rp750 juta untuk perbaikan kerusakan jalan yang sudah terprediksi dan sisanya senilai Rp750 juta untuk perbaikan kerusakan jalan yang belum terprediksi.

”Nilainya tidak ada perubahan, tetap Rp1,5 miliar untuk total anggaran pemeliharaan jalan tahun 2012 ini,” tegas Agus ketika ditemui wartawan seusai mengikuti rapat paripurna dengan agenda Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kota Solo atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Walikota di Gedung Dewan, Jumat (30/3/2012).

Agus menjelaskan saat rapat kerja (Raker) dengan Komisi II beberapa waktu lalu, pihaknya memang baru menyampaikan rencana kegiatan anggaran (RKA) untuk pemeliharaan jalan yang kerusakannya sudah terprediksi senilai Rp750 juta. Sementara untuk pemeliharaan jalan yang belum terprediksi, diakuinya tidak disampaikan penjelasannya kepada Komisi II.

“Sebab RKA memang sudah disusun untuk pemeliharaan jalan yang kerusakan sudah terprediksi,” katanya.

Agus menambahkan untuk sejumlah proyek pemeliharaan jalan yang kerusakannya sudah terprediksi tersebut dalam waktu dekat akan dilelangkan untuk menentukan rekanan pelaksananya. Lokasinya sudah ditentukan, namun Agus tidak merinci lengkap ruas-ruas jalan yang akan diperbaiki.

”Yang jelas, kami prioritaskan untuk jalan kota, namun belum menyentuh ke jalan lingkungan. Sudah ditentukan dalam perencanaan. Misalnya ruas Jalan Tangkuban Perahu, Jalan Sutoyo, dan sebagainya,” terangnya.

Sementara untuk proyek pemeliharaan jalan yang kerusakannya belum terprediksi, dijelaskan dia, akan dilakukan setelah ada laporan dari masyarakat ataupun berdasarkan survei yang dilakukan DPU.

“Jadi anggaran Rp750 juta yang untuk pemeliharaan jalan yang belum terprediksi itu antara lain untuk sapu lubang jalan, contohnya jalan yang jadi rusak saat musim hujan. Perbaikannya dilakukan sambil berjalan,” tuturnya.

Saat dimintai tanggapan, Wakil Ketua DPRD Kota Solo, Supriyanto mengakui pihaknya telah menerima informasi dan penjelasan tentang kepastian anggaran pemeliharaan tersebut dari Komisi II.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya