top ear
Ilustrasi pemilihan kepala desa atau pilkades. (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi pemilihan kepala desa atau pilkades. (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

DPT Pilkades Serentak Boyolali Ditetapkan, Ini Jumlah Pemilih Per Desa

Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pilkades diharapkan bisa mencapai 80%.
Diterbitkan Senin, 10/08/2020 - 08:31 WIB
oleh Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi
2 menit baca

Solopos.com, BOYOLALI -- Daftar Pemilih Tetap  atau DPT pilkades serentak tahap pertama 2020 di Kabupaten Boyolali telah ditetapkan, dengan jumlah terbanyak ada di Desa Bawu Kecamatan Kemusu.

Berdasarkan data yang ada, total DPT yang tercatat di 11 desa penyelenggara pilkades serentak Boyolali nanti ada 25.041 pemilih.

Jumlah DPR pilkades tersebut terdiri dari 1.462 pemilih di Desa Suroteleng, Kecamatan Selo; 1.711 pemilih di Desa Ngenden, Kecamatan Ampel; 2.315 pemilih untuk Desa Babadan, Kecamatan Sambi.

2 Acara Hajatan di Cepogo Boyolali Dibatalkan Setelah Didatangi Tim Gugus Tugas Covid-19

Kemudian,  1.710 pemilih untuk Desa Nglembu, Kecamatan Sambi; 3.544 pemilih untuk Desa Sambi, Kecamatan Sambi; 1.840 pemilih untuk Desa Trosobo, Kecamatan Sambi; 3.002 pemilih untuk Desa Kalangan, Kecamatan Klego.

Selanjutnya, DPT memuat 1.914 pemilih untuk Desa Ngablak, Kecamatan Wonosamodro; 1.601 pemilih untuk Desa Dologan, Kecamatan Karanggede; 3.714 pemilih untuk Desa Bawu, Kecamatan Kemusu dan 2.228 pemilih untuk Desa Klewor, Kecamatan Kemusu.

Dari rincian tersebut terlihat DPT Pilkades di Desa Bawu adalah yang terbanyak dari pada desa lainnya.

Warga Boyolali, Ini Kata Sekda Tentang Kegiatan Malam Tirakatan 17 Agustus

Berdasarkan jadwal tahapan pelaksanaan pilkades serentak, penetapan DPT Pilkades sudah dilakukan pada 29 Juli 2020, atau 20 hari sebelum hari H pelaksanaan pilkades.

Target Partisipasi Masyarakat

Diketahui pelaksanaan pemungutan suara pilkades serentak tahap pertama di Boyolali diagendakan pada 26 Agustus 2020.

"Saat ini DPT sudah ditetapkan," kata Kabid Bina Pemerintah Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Boyolali, Candra Irawan, Sabtu (8/8/2020).

Hai Warga Boyolali, Pakailah Masker Kalau Gak Pengin KTP-mu Disita!

Selanjutnya sesuai jadwal tahapan itu, pada 10 Agustus 2020 merupakan jadwal penetapan bakal calon kepala desa menjadi calon kepala desa, yang berlaga dalam Pilkades serentak Boyolali.

Sebelumnya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Boyolali, Purwanto, berharap partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pilkades bisa mencapai 80%.

"Target partisipasi masyarakat [dalam pilkades] sebisa mungkin lebih dari 80%. Meski saat ini ada pandemi Covid 19, kami berharap 80% bisa hadir. Kecuali kalau ada yang merantau, tidak bisa pulang karena pandemi," kata dia kepada solopos.com.


Editor : Profile Rohmah Ermawati
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com


berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini