SOLOPOS.COM - Petugas memperbaiki penutup saluran air bagian tengah underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, yang kerap rusak, belum lama ini. (Istimewa/Dishub Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Kalangan anggota DPRD Sukoharjo meminta perbaikan underpass Makamhaji, Kecamatan Kartasura, segera direalisasikan. Perbaikan tersebut mendesak karena mengalami kerusakannya cukup parah.

Ketua DPRD Sukoharjo Wawan Pribadi memberikan respons positif terkait kabar rencana Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperbaiki underpass Makamhaji. Sebab keberadaan bangunan penghubung Sukoharjo dengan Kota Solo tersebut sekarang mengalami kerusakan parah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Kami berharap perbaikan secepatnya segera terealisasikan. Tidak hanya sebatas survei saja, tapi dikerjakan," kata Wawan ketika dijumpai wartawan di kantornya pada Kamis (18/2/2021).

Baca Juga: Pengacara Solo Jadi Tersangka Kasus Perusakan Bangunan Di Gilingan Banjarsari

Ekspedisi Mudik 2024

Wawan menilai perbaikan underpass Makamhaji mendesak dikerjakan mengingat sejumlah kerusakan yang sudah cukup parah. Apalagi selama ini underpass Makamhaji masih menjadi kewenangan penuh pemerintah pusat sehingga sudah semestinya diperbaiki.

Menurutnya kerusakan harus segera diperbaiki pemerintah pusat agar masyarakat tidak selalu menyalahkan pemerintah daerah. "Masyarakat itu kan tahunya jika ada yang rusak di underpass pasti yang disalahkan daerah. Padahal masih kewenangan pusat," tuturnya.

Meski demikian, Wawan mengatakan pemerintah daerah selalu bergerak cepat melakukan perbaikan. Seperti persoalan berulang mengenai penutup saluran air bagian tengah underpass yang rusak dan hilang. Pemkab pun berulang kali membenahinya.

Baca Juga: Candi Sukuh dan Ceto Karanganyar Dibuka Lagi Untuk Umum, Siap Piknik Lur?

Jalan dan Saluran Air

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo Bowo Sutopo Dwi Atmojo mengatakan beberapa perbaikan underpass Makamhaji mendesak dikerjakan di antaranya jalan dan saluran air.

DPUPR Sukoharjo sudah sering berkirim surat ke pemerintah pusat terkait kondisi tersebut. Namun baru kali ini mendapatkan respons dari pemerintah pusat dan direncanakan perbaikan."Meski belum tahu kapan waktu perbaikannya, minimal sudah ada rencana untuk diperbaiki," katanya.

Baca Juga: Dugaan Korupsi Rp3,5 Miliar, Eks Pimpinan PD BKK Cabang Weru Sukoharjo Jadi Tersangka

Selama ini DPUPR Sukoharjo sering menerima keluhan warga terkait kondisi kerusakan underpass Makamhaji. Keluhan seperti hilangnya penutup saluran air dan jalan rusak.

DPUPR Sukoharjo bergerak cepat melakukan penggantian dan pemasangan penutup saluran air meski sebenarnya menjadi kewenangan pusat. Beberapa perbaikan juga dilakukan daerah seperti penambalan jalan berlubang. “Kalau itu menunggu pemerintah pusat turun maka terlalu lama padahal segera digunakan,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya