SOLOPOS.COM - Menyerahkan Penghargaan Diploma Almarhum Sri Sultan Hamengku Buwono IX

DPRD Jogja mengusulkan pembuatan film.

Harianjogja.com, JOGJA-Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jogja, Antonius Fokki Ardianto mengusulkan agar Pemerintah Kota Jogja membuat film tentang Sultan Hamengku Buwono IX. Karena HB IX dinilai sebagai pahlawan nasional yang komitmen kebangsaannya kuat dan patut menjadi contoh bagi generasi muda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Generasi muda harus tahu bagaimana besarnya kontribusi HB IX untuk bangsa dan negara,” kata Fokki di DPRD Kota Jogja, Jumat (29/9/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Selain keteladanan, film HB IX juga dinilai Fokki bisa menjadi sarana promosi pada dunia bahwa posisi Kraton Ngayogyakarta berada dalam kota. Menurut dia, pembuatan film tersebut bisa memanfaatkan sutradara-sutradara ternama asal Kota Jogja, seperti Garin Nugroho dan Hanung Bramantyo.

Pihaknya sudah menyampaikan usulan tersebut dalam rapat anggaran bersama Dinas Kebudayaan Kota Jogja tiga hari lalu. Menurut Fokki, meski anggaran APBD terbatas, Dinas Kebudayaan bisa mengupayakannya melalui Dana Keistimewaan (Danais).

“Pembuatan film ini saya kira bisa didanai APBD dan danais,” ujar Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Jogja ini.

Sebelum mengakses danais, Fokki meminta Dinas Kebudayaan terlebih dahulu menganggarkan Rp1 miliar dari APBD sebagai persiapan awal di 2018. Selanjutnya bisa diajukan melalui danais. Menurut dia, film bertema tokoh-tokoh lokal Jogja perlu diangkat untuk pelajaran bagi generasi muda ditengah gempuran film-film heroik modern.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya