SOLOPOS.COM - Rapat paripurna DPRD DKI Jakarta yang salah satu hasilnya membentuk panitia khusus untuk mengkaji status DKI Jakarta setelah tak menjadi ibu kota negara. (Antaranews.com)

Solopos.com, JAKARTAWakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Rani Mauliani mengatakan rapat Badan Musyawarah (Bamus) terkait Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan akan digelar hari ini, Senin (12/9/2022).

Dalam rapat tersebut, para pimpinan fraksi akan menentukan jadwal Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) untuk menentukan usulan tiga nama Pj Gubernur. “Iya benar, hari ini rapat Bamus dahulu untuk [penentuan] jadwal Rampimgab,” kata Rani saat dikonfirmasi, Senin (12/9/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia memastikan nama-nama calon Pj Gubernur belum dikeluarkan hari ini. Namun, akan dibahas pada saat Rapimgab digelar nanti. “Untuk nama-nama akan dibahas di Rapimgab jadi jadwal Bamus hanya menetapkan jadwal Rapimgab,” katanya.

Baca Juga DPRD DKI Jakarta Usulkan 3 Nama Pengganti Anies Baswedan

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan pihaknya akan membahas soal tiga nama calon Pj. Gubernur pengganti Anies Baswedan minggu ini. Tiga nama calon Pj Gubernur tersebut akan dibahas melalui rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) fraksi di DPRD.

“Saya akan panggil Sekwan (Sekretaris DPRD) dulu untuk dijadwalkan. Intinya pekan depan [Rapimgab], bisa sebelum atau sesudah paripurna pengumuman pemberhentian Gubernur,” kata Prasetyo kepada wartawan, Jumat (9/9/2022).

Baca Juga Gubernur DKI Jakarta Ingin Lepas Saham Bir

Adapun paripurna pengumuman pemberhentian Gubernur DKI Jakarta akan digelar pada 13 September mendatang. Sementara itu, berdasarkan surat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang dilayangkan ke DPRD DKI Jakarta, tiga nama calon Pj Gubernur DKI Jakarta paling lambat dikirimkan 16 September atau satu bulan sebelum masa jabatan Anies habis.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian juga sudah menyatakan calon Pj Gubernur DKI yang diajukan ke Presiden Joko Widodo bakal berjumlah enam orang. Enam nama calon itu akan diusulkan dua pihak, tiga dari DPRD DKI Jakarta dan tiga dari Kemendagri. Anies diketahui akan mengakhiri masa jabatannya pada 16 Oktober 2022. Meskipun belum berakhir, Pj Gubernur DKI Jakarta pengganti dirinya sudah menjadi perbincangan.

Ada tiga nama yang disebut-sebut Pj Gubernur DKI Jakarta, yakni Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali, dan Deputi IV Kantor Staf Presiden Juri Ardiantoro.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul DPRD DKI Mulai Bahas Penjabat Gubernur Pengganti Anies, Hari Ini Senin 12 September

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya