SOLOPOS.COM - Pelanggan bertransaksi menggunakan aplikasi MyPertamina di sebuah SPBU. (Antara/HOPertamina)

Solopos.com, JAKARTA–Anggota Komisi VII DPR RI Diah Nurwitasari menilai penerapan aplikasi MyPertamina untuk membeli solar dan Pertalite butuh pengawasan ketat.

Hal itu untuk mencegah terjadinya kebocoran BBM bersubsidi mengalir ke industri atau kelompok mampu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Diketahui, per 1 Juli besok, PT Pertamina akan menerapkan penggunaan aplikasi MyPertamina untuk mengakses pembelian BBM jenis Pertalite dan solar.

Diah menjelaskan program digital MyPertamina membutuhkan pula sosialisasi masif dan setelah itu akan dilakukan evaluasi untuk penyempurnaan.

Dengan begitu, kelompok masyarakat berdaya beli rendah bisa menikmati.

Baca Juga: Antisipasi Laman MyPertamina Error, Ini Yang Dilakukan Pertamina

“Masih butuh sosialisasi dan penyempurnaan bagaimana melakukan upaya agar BBM bersubsidi dinikmati masyarakat yang membutuhkan dan tidak ada kebocoran ke industri atau kelompok pemilik kendaraan mewah yang mengonsumsi BBM bersubsidi,” kata Diah dalam keterangannya, Kamis (30/6/2022).

Diah juga menyoroti kendala yang mungkin terjadi saat program tersebut diluncurkan, karena masih banyak masyarakat yang tidak memiliki handphone (HP) atau HP-nya bukan smartphone.

Hal tersebut pun harus diantisipasi dengan baik oleh Pertamina.

Selain itu, Diah yang juga merupakan politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengatakan bahwa HP bisa berpindah tangan.

Dia mencontohkan bisa saja HP milik seseorang, tapi aplikasinya di HP lain, kemudian digunakan orang yang tidak berhak.

Baca Juga: Hoaks! Malam Ini Solo Uji Coba Beli Pertalite-Solar Pakai MyPertamina

“Karena sasaran adalah masyarakat yang tidak mampu, berarti pertanyaan berikutnya kalau mereka tidak mampu apakah memiliki gadget atau HP yang bisa menginstall,” ujarnya.

Dia menilai tujuan program MyPertamina ini baik. Tinggal bagaimana sosialisasinya dilakukan secara sungguh-sungguh dan cermat. Dengan program ini pula, bisa terdata siapa saja kelompok masyarakat yang berhak mendapatkan subsidi BBM.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul DPR: Penggunaan MyPertamina untuk Beli Pertalite Perlu Pengawasan Ketat

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya