SOLOPOS.COM - Donald Trump memperkenalkan Setya Novanto. (Istimewa/Youtube)

DPR 2014-2019 kembali disorot. Kali ini karena pimpinan DPR bertemu Donald Trump di AS.

Solopos.com, JAKARTA — Pertemuan pimpinan DPR, Setya Novanto dan Fadli Zon, dengan bakal calon presiden Partai Republik untuk Pemilu AS pada 2016 Donald Trump dianggap melanggar etika.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lucius Karus, peneliti politik dari Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), mengatakan pelanggaran etis bisa dikenakan kepada para pimpinan DPR beserta rombongan tersebut. Pelanggaran itu dikenakan saat mereka memanfaatkan waktu kunjungan resmi untuk melakukan pertemuan lain yang dianggap spontan. “Pertemuan itu bisa dianggap sebagai pelanggaran etis,” katanya saat dihubungi, Jumat (4/9/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Dalam kode etik dewan, papar Lucius, disebutkan bahwa perjalanan dinas merupakan perjalanan pimpinan dan/atau anggota untuk kepentingan negara dalam hubungan pelaksanaan tugas dan wewenang sebagaimana ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan, baik yang dilakukan di dalam maupun di luar wilayah Tanah Air.

Dengan demikian, para pimpinan itu harus mempertanggungjawabkan seluruh kelakuan yang tidak etis tersebut. “Apapun alasannya, mereka harus memberikan klarifikasi tentang apa yang sebenarnya terjadi.”

Saat ini, mereka tidak bisa berdalih pertemuan itu sebagai sesuatu yang spontan karena mereka hadir untuk sebuah acara yang tidak singkat bersama Trump. “Terlebih, Trump menyempatkan diri memperkenalkan mereka ke publik AS dengan menyebut jabatan. Lalu apa yang mereka kerjakan?”

Wakil Sekretaris Jenderal PKB, Lukman Edy, juga berpendapat sama. Dia menganggap pertemuan antara pimpinan DPR dan bakal calon presiden AS itu sulit terjadi dengan spontan. “Tapi saat ini, kami mencatat setiap apa yang diperbuat pimpinan. Jangan dipikir kami tidak memperhatikan,” katanya.

Catatan itu terkait dengan baik atau buruknya kinerja pimpinan. “Meski saat ini mereka bisa mengatakan itu terjadi dengan spontan, kami akan meminta penjelasan saat mereka pulang. Karena ini memunculkan persepsi negatif untuk DPR. Apalagi dia pakai APBN untuk pergi ke AS,” katanya.

Dalam beberapa kesempatan teleconference dengan media di Tanah Air, Fadli Zon menjelaskan bahwa pertemuan tersebut bukan bagian agenda resmi yang direncanakan dan bersifat informal. “Kami ada saat jumpa pers yang diselenggarakan oleh Donald Trump,” katanya.

Seperti diketahui, pertemuan pimpinan DPR dengan Donald Trump itu terjadi di sela-sela sidang The 4th World Conference of Speakers Inter Parliamentary Union (IPU) di New York yang diagendakan pada 31 Agustus 2015 hingga 2 September 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya