SOLOPOS.COM - Lambang PDI Perjuangan (JIBI/Dok)

Solopos.com, WONOGIRI—Kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Wonogiri yang kosong setelah ditinggalkan Setyo Sukarno sejak lebih dari setahun lalu akhirnya segera terisi.

Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) memberi rekomendasi Nuryanto menjadi PAW Setyo. Wakil Ketua Bidang Politik Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Wonogiri itu menggeser posisi Welas Handayani yang secara formal menjadi kandidat PAW Setyo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua DPC PDIP Wonogiri yang juga Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, saat ditemui wartawan di Sekretariat Daerah (Setda), Jumat (5/11/2021), menyampaikan DPP PDIP merekomendasikan Nuryanto menjadi PAW. Laki-laki warga Kecamatan Giritontro itu merupakan calon anggota legislatif (caleg) dari daerah pemilihan (dapil) V pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019, satu dapil dengan Setyo.

Baca Juga: Jalur Evakuasi Rusak Jadi Kendala Kewaspadaan Warga dari Erupsi Merapi

Joko Sutopo menjelaskan secara formal Welas memang berpeluang menjadi PAW Setyo. Welas memperoleh suara terbanyak setelah empat caleg dapil V yang lolos menjadi anggota DPRD pada Pileg 2019 lalu. Sementara, perolehan suara Nuryanto di urutan setelah Welas.

Namun, partai memiliki mekanisme tersendiri dalam menentukan PAW DPRD. Keputusan DPP PDIP harus dijalankan.

“Ibu Welas mengundurkan diri, sehingga Pak Nuryanto secara regulasi tetap memenuhi syarat menjadi PAW,” kata lelaki yang akrab disapa Jekek itu.

Baca Juga: Setahun Status Merapi Siaga, Warga KRB III Klaten Tetap Tenang-Waspada

Dia melanjutkan Welas legawa mengundurkan diri. Perempuan tersebut memiliki banyak kegiatan kemasyarakatan selain di partai.

Secara kepartaian, Welas saat ini menjabat sebagai Bendahara Pengurus Anak Cabang (PAC) Giriwoyo. Dia juga dikenal sebagai sukarelawan yang kerap membantu masyarakat.

“Ibu Welas tetap kami dorong maju lagi pada Pileg 2024 mendatang,” imbuh Joko Sutopo.

Baca Juga: Banyak Lulusan S1-S2 Daftar Perangkat Desa, Ini Respons Bupati Wonogiri

Sementara itu, Sekretaris DPC PDIP Wonogiri, Setyo Sukarno, mengaku sudah melayangkan surat usulan pengganti dirinya kepada pimpinan DPRD Wonogiri. Setelah ini DPRD bisa segera memprosesnya.

Sebagai informasi, Setyo mengundurkan diri sebagai anggota DPRD Wonogiri pada 23 September 2020 setelah ditetapkan menjadi calon wakil bupati (cawabup) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Wonogiri 2020 lalu. Saat itu dia mendampingi calon bupati (cabup), Joko Sutopo.

Pada kontestasi tersebut pasangan calon (paslon) dengan akronim Josss itu terpilih sebagai bupati-wakil bupati mengalahkan paslon Hartanto-Joko Purnomo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya