SOLOPOS.COM - Dosen Prodi BK UKSW Adhi Krisna Maria Agustin. (Istimewa)

Solopos.com, MALUKU — Dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana atau UKSW Adhi Krisna Maria Agustin, M.A., menjadi narasumber tunggal dalam kegiatan Peningkatan Kemampuan Konseling pada Tim Konselor Kepolisian Daerah (Polda) Maluku, Rabu (4/01/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Rapat Utama Polda Maluku ini diikuti oleh 104 personel Polda Maluku dan juga dari kepolisisan resor (resor) di sekitarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Kepala Bagian Psikologi Biro Sumber Daya Manusia Polda Maluku AKBP Deny Rendra Laksamana, S.Psi., M.Psi. Psikolog yang juga membuka secara resmi pelatihan ini.

Adhi Krisna Maria Agustin mengungkapkan bahwa bantuan psikologis berupa konseling menjadi salah satu layanan Polri bagi masyarakat, terutama bagi korban bencana alam seperti gempa bumi dan banjir; serta masalah sosial antara lain diskriminasi dan juga berbagai bentuk pelecehan.

Karena itulah kemampuan dan keterampilan personel dalam memberikan layanan konseling perlu ditingkatkan.

“Selain kepada masyarakat, tim konselor Polda juga memberikan layanan kepada sesama anggota Polri sehingga masalah-masalah psikologis anggota dapat diatasi untuk meningkatkan performa anggota Polri dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat. Prodi BK FKIP UKSW yang sudah terakreditasi A mendapatkan undangan untuk memberikan pelatihan ini,” imbuh Adhi Krisna.

BK UKSW
Dosen Prodi BK UKSW Adhi Krisna Maria Agustin menjadi pembicara di Polda Maluku. (Istimewa)

Dalam pelatihan ini, berbagai materi seputar konsep dasar konseling, pengenalan pribadi konselor, keterampilan dasar konselor, formulasi masalah, art & play techniques serta teknik relaksasi diberikan kepada semua peserta.

“Harapannya, setelah mendapatkan pelatihan ini, kemampuan konseling pada tim konselor Polda Maluku semakin meningkat sehingga dapat meningkatkan pelayanan baik bagi anggota Polri maupun bagi masyarakat,” kata Adhi Krisna saat disinggung harapannya dari kegiatan ini.

Rekomendasi
Berita Lainnya