SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri acara Sidang Terbuka Dies Natalis Universitas Airlangga (Unair) ke-67, Selasa (9/11/2021). (Antara)

Solopos.com, SURABAYA — Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyatakan kesiapannya menjadi sukarelawan pertama Vaksin Merah Putih.

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) itu menyampaikannya sebagai bentuk dukungan percepatan uji klinik tahap I hingga III Vaksin Merah Putih buatan Universitas Airlangga (Unair). Saat itu, Khofifah menghadiri Sidang Terbuka Dies Natalis ke-67 Universitas Airlangga, Selasa (9/11/2021).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Baca Juga : Pemkot Probolinggo Harus Belajar Nyuntik Vaksin ke Kota Madiun, Kenapa?

Khofifah menjelaskan pelaksanaan uji klinik Vaksin Merah Putih menunggu izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). “Jika dalam proses ke depan, Vaksin Merah Putih dapat digunakan sebagai booster. Maka saya siap menjadi relawan pertama. Tetapi, jika kemudian syarat uji klinik adalah yang kali pertama mendapat vaksin atau belum vaksin maka membutuhkan relawan lain,” ujar dia seperti dilansir Antara, Selasa (9/11/2021).

Kerja sama uji klinik Vaksin Merah Putih akan dilaksanakan tiga pihak, yakni Unair, PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia, dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetomo Surabaya. Khofifah mengatakan sejak 12 Oktober lalu, bertepatan dengan HUT Pemprov Jawa Timur, telah menyiapkan gazebo khusus di RSUD Dr. Soetomo.

Baca Juga : Bantu Warga, Pemuda Madiun Gelar Lapak Pakaian Bekas

Dia juga menuturkan cukup banyak orang mendaftar sebagai sukarelawan uji klinik Vaksin Merah Putih saat ini. “Jadi, tempat untuk uji klinik bagi para relawan adalah di RSUD Dr. Soetomo. Sehingga kami juga menjadi bagian dalam percepatan pelaksanaan uji klinik Vaksin Merah Putih tahap pertama, tahap kedua, dan tahap ketiga,” kata Khofifah.

Gubernur wanita pertama Jatim itu berharap seluruh pihak dapat memberikan semangat pengembangan Vaksin Merah Putih. “Sebagai Ketua Ikatan Alumni Unair, saya bangga dengan Unair yang telah memberikan persembahan terbaik bagi negeri ini. Untuk memberikan perlindungan dan keselamatan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Saya tegaskan kembali bahwa saya akan menjadi orang yang berdiri di depan mendorong suksesnya uji klinik Vaksin Merah Putih tahap pertama, kedua, dan ketiga.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya