SOLOPOS.COM - Siswa SMA N 1 Jetis melakukan kegiatan susur sungai Winongo, Derso, Srihardono, Pundong, Selasa (17/10/2017). (Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo)

“Anak-anak dapat berinteraksi dengan masyarakat, sehingga anak bisa berkomunikasi dan tahu keluhan dari masyarakat”
Harianjogja.com, BANTUL-SMA N 1 Jetis gelar kegiatan susur sungai bersama Forum  Komunikasi Winongo Asri (FKWA) di sekitaran sungai Winongo, Derso, Srihardono, Pundong, Selasa (17/10/2017). Kegiatan ini selain mengaplikasikan materi pembelajaran di sekolah juga diharapkan siwa lebih sadar dengan lingkungan terutama sungai yang mulai tercemar.
Staf pengajar di Sekolah Sungai Pawiyatan Winongo Asri Yudhi Wahyudiana mengatakan, kegiatan susur sungai dilakukan dengan pemantauan biotilik. “Metode tersebut diterapkan dengan melihat keberagaman hewan-hewan air termasuk serangga, keong, udang, dan biota lainnya,” ujar dia Selasa (17/10/2017).
Hewan-hewan tersebut nantinya akan diteliti apakah terkena dampak polutan atau tidak. Selanjutnya akan dihitung
persentasenya. Melalui kegiatan tersebut, peserta juga dapat mengetahui tingkat pencemaran sungai itu. Yudhi mengungkapkan, dampak pencemaran tersebut akan berpengaruh pada kualitas air termasuk air konsumsi, untuk pertanian warga sekitar sungai, dan berpengaruh pengaruh terhadap ikan.
Wakil Kepala Kesiswaan Bambang Yuwana mengungkapkan, kegiatan ini dapat mengurangi dampak buruk yang dihasilkan manusia terhadap sungai selain itu juga siswa dapat berinteraksi dengan masyarakat. “Anak-anak dapat berinteraksi dengan masyarakat, sehingga anak bisa berkomunikasi dan tahu keluhan dari masyarakat,” kata Bambang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ekspedisi Mudik 2024
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya