Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Dorce Mengidap Diabetes Sejak Lama, Begini Cara Mengelola Penyakit Ini

Sang anak angkat, Siti Khadijah, mengaku dirinya selalu mengingatkan Dorce Gamalama untuk mengelola diabetes salah satunya dengan menjaga asupan makanan.
SHARE
Dorce Mengidap Diabetes Sejak Lama, Begini Cara Mengelola Penyakit Ini
SOLOPOS.COM - Ilustrasi diabetes (Iran-daily.com)

Solopos.com, SOLO-Jika Anda mengidap diabetes sejak lama seperti Dorce Gamalama, sebaiknya ketahui cara mengelola penyakit ini. Tujuannya supaya Anda tetap bisa menjalani hidup dengan berkualitas.

Sebelum dirawat secara intensif di ruang ICU, Dorce Gamalama diketahui sudah mengelola diabetes yang dideritanya sejak lama. Ia dilarikan ke rumah sakit Primaya, kota Bekasi, Jawa barat pada Kamis (7/10/2021).

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Mengutip suara.com, Jumat (8/10/2021), sudah lama idap diabetes, sang anak angkat, Siti Khadijah, mengaku dirinya selalu mengingatkan Dorce Gamalama untuk mengelola penyakit tersebut. Dia tak pernah lupa mengingatkan Dorce Gamalama untuk jaga makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Kata dia, orang yang idap penyakit tersebut memang tak boleh makan sembarangan.

Baca Juga:  3 Hari Dirawat di Rumah Sakit, Kondisi Oddie Agam Belum Membaik

Bagi pengidap diabetes seperti Dorce Gamalama, mengubah gaya hidup lebih sehat menjadi keharusan, di samping menaati pantangan makanan dan minuman. Dirangkum dari WebMD, Jumat (8/10/2021), Anda dapat mengelola diabetes dengan berfokus pada lima perubahan utama dalam kehidupan sehari-hari, yakni:

1. Makan sehat

Memiliki diabetes seharusnya tidak menghalangi Anda untuk menikmati berbagai makanan. Namun cobalah untuk memperbanyak porsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian dalam konsumsi harian, dan pastikan Anda tidak banyak mengonsumsi makanan yang diproses.
Selain itu, batasi makanan yang tinggi gula dan lemak serta jaga porsi sama dari waktu makan ke makan.

2. Aktivitas fisik

Tidak harus membuat member gym dan ikut kelas aerobik, olahraga seperti jalan kaki atau naik sepeda pun cukup.

Baca Juga: Tarif Dakwah Gus Miftah Rp3 Miliar, Benarkah?

Targetnya adalah aktivitas 30 menit yang membuat Anda berkeringat dan bernapas sedikit lebih keras hampir setiap hari dalam sepekan. Gaya hidup aktif membantu Anda mengontrol diabetes dengan menurunkan gula darah.

3. Pemeriksaan berkala

Temui dokter secara teratur, setidaknya dua kali setahun. Diabetes meningkatkan kemungkinan Anda terkena penyakit jantung, jadi selalu pantau angka kolesterol, tekanan darah, dan A1c (gula darah rata-rata selama 3 bulan).

Baca Juga: 6 Kebiasaan Ini Bisa Menyebabkan Kadar Kolesterol Tinggi

4. Mengelola stres

Stres dapat meningkatkan gula darah dan membuat Anda kurang sensitif terhadap insulin. Jadi coba temukan cara untuk menghilangkan stres, seperti berolahraga, menghabiskan waktu bersama teman, bermeditasi, atau mengganti pikiran negatif dengan pikiran positif. Lakukan apa pun yang berhasil untuk Anda.

5. Berhenti merokok

Diabetes membuat Anda lebih mungkin untuk memiliki masalah kesehatan seperti penyakit kronis lain. Jika penderita diabetes merokok, risiko terkena penyakit lain bahkan lebih tinggi. Merokok juga dapat membuat lebih sulit untuk berolahraga.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode