[ X ] CLOSE

Dorce Gamalama Alami Sakit Dada Sebelah Kanan, Kenali 7 Penyebabnya!

Sakit dada sebelah kanan seperti yang dialami Dorce Gamalama bisa berkaitan dengan sejumlah penyakit, salah satunya serangan jantung.
Dorce Gamalama Alami Sakit Dada Sebelah Kanan, Kenali 7 Penyebabnya!
SOLOPOS.COM - Dorce Gamalama. (Detik)

Solopos.com, SOLO-Dorce Gamalama sempat mengeluhkan sakit dada sebelah kanan dan sakit ketika buang air kecil sebelum menjalani rawat inap di Rumah Sakit Pusat Pertamina pada Minggu (24/10/2021).

Sakit dada sebelah kanan seperti yang dialami Dorce Gamalama bisa berkaitan dengan sejumlah penyakit, salah satunya serangan jantung. Meskipun dilansir dari Alodokter, Rabu (27/10/2021), serangan jantung biasanya terada pada dada sebelah kiri.

Selain serangan jantung, rasa nyeri pada dada sebelah kanan terasa sakit juga berkaitan dengan beberapa penyakit, terutama pada orang lanjut usia. Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan dada sebelah kanan. Berikut ini beberapa kemungkinan penyebabnya seperti dikutip dari suara.com, Rabu (27/10/2021):

1. Gangguan jantung

Gangguan jantung bukan satu-satunya penyebab sakit dada sebelah kanan, tetapi tetap bisa menjadi pencetusnya. Beberapa jenis gangguan jantung, seperti serangan jantung, penyakit jantung coroner, pericarditis, kariomiopati hipertrofi atau penebalan otot jantung, angin dan diseksi aorta.

Baca Juga: Tiga Senjata Terbaik Lawan Penyakit Kardiovaskular, Mau Coba?

2. Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan juga bisa menyebabkan sakit dada sebelah kanan, karena penyakit asam lambung, radang pankreas, hernia hiatal, dan tukak lambung.

3. Gangguan paru-paru

Masalah paru juga bisa menjadi penyebab sakit dada bagian kanan. Gangguan paru-paru bisa berupa pneumonia atau infeksi jaringan paru, radang selaput paru, emboli paru, pneumothorax, hipertensi paru, asma, dan penyakit paru obstruktif kronis.

Baca Juga: Ikuti 8 Kebiasaan Makan Ini untuk Melawan Peradangan

4. Stres

Stres juga bisa menimbulkan serangan panik yang mirip serangan jantung. Kondisi ini bisa muncul mendadak karena kejadian traumatis dalam hidup dan menyebabkan sakit dada sebelah kanan.

5. Peradangan hati

Peradangan hati juga salah satu masalah kesehatan yang memicu sakit dada sebelah kanan. Karena, posisi organ hati berdekatan dengan dinding rongga dada kanan yang menyebabkan dada bagian kanan akan terasa sakit.

Baca Juga: Selain Hipoglikemia, Dorce Gamalama Juga Idap Penyakit Ini

6. Cedera bagian dada

Cedera pada tulang, otot, dan saraf di dada juga bisa menyebabkan sakit dada sebelah kanan. Karena, tulang iga kanan yang patah akibat cedera bisa memicu sakit dada sebelah kanan, terutama ketika batuk dan bernapas.

7. Otot tegang

Aktivitas fisik yang menyebabkan otot tegang bisa menyebabkan sakit dada sebelah kanan. Rasa sakit ini bisa berasal dari nyeri otot dan memburuk ketika otot dada sebelah kanan digerakkan.

 



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago