SOLOPOS.COM - Ilustrasi penyumbangan darah oleh donor. (JIBI/Solopos/Dok.)

Donor darah mendapat penghargaan dari Presiden Jokowi setelah 100 kali menyumbangkan darahnya.

Solopos.com, BOGOR — Sebanyak 893 orang yang telah melakukan 100 kali donor darah bakal menerima Tanda Kehormatan Satyalencana Kebaktian Sosial dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Harian Palang Merah Indonesia (PMI), Ginandjar Kartasasmita, mengatakan 893 orang sukarelawan yang akan menerima tanda kehormatan telah mendonorkan darahnya sekitar 20-25 tahun, dengan volume sekitar 30 liter.

“Tahun ini ada 893 orang dari 26 provinsi yang akan menerima Tanda Kehormatan Satyalencana Kebaktian Sosial, yang 20 di antaranya adalah wanita,” katanya di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/12/2015).

Ginandjar menuturkan darah yang diberikan oleh pendonor yang melakukan minimal 100 kali donor darah telah menyelamatkan sekitar 100 orang. Pasalnya, saat ini Indonesia masih membutuhkan darah untuk digunakan oleh pihak yang membutuhkan.

Selain menerima Tanda Kehormatan Satyalencana Kebaktian Sosial, 893 pendonor darah itu juga akan menerima cincin emas dari PT Aneka Tambang Tbk., yang disematkan langsung oleh Ketua Umum PMI sekaligus Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Para pendonor juga akan mendapatkan kemudahan dan prioritas dalam kepengurusan sertifikasi tanah miliknya, karena PMI telah memiliki nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang.

Selain itu, Wapres juga secara pribadi akan memberikan hadiah umrah dan perjalanan suci kepada 20 orang terpilih.

Pemberian Tanda Kehormatan Satyalencana Kebaktian Sosial itu sendiri dituangkan dalam Keputusan Presiden No. 130-TK Tahun 2015 yang ditandatangani pada 16 Desember 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya