SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar, Juliyatmono bersama Ketua PMI Cabang Karanganyar, Timotius Suryadi, (kedua kiri), dan Pinca BRI Karanganyar, Wicaksono Hendiko Putro (kiri), saat penyerahan donasi Palestina di Kantor PMI Karanganyar, Selasa (25/5/2021). (Solopos-Sri Sumi Handayani)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Donasi dari kalangan aparatur sipil negara (ASN) serta warga Kabupaten Karanganyar untuk masyarakat Palestina selama kurun waktu Senin hingga Selasa (17-25/5/2021) terkumpul sebanyak Rp744.943.100.

Data yang dihimpun Solopos.com, donasi dari lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar terkumpul Rp481.284.000 sedangkan donasi dari masyarakat Karanganyar Rp263.659.100. Seluruh dana tersebut dikelola oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kantor Cabang Karanganyar.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Ini capaian [nilai donasi] yang cukup besar. Antusiasme masyarakat dan ASN tinggi. Saya tidak pernah memprediksi akan sebanyak ini. Saya bangga dengan masyarakat Karanganyar. Semangat berbagi, sedekah, peduli tinggi. Ini terbukti luar biasa. Terima kasih masyarakat Karanganyar yang sangat dermawan,” kata Bupati Karanganyar Juliyatmono saat berbincang dengan wartawan, Selasa (25/5/2021).

Baca juga: Karanganyar Siaga Dampak Libur Lebaran terhadap Kasus Covid-19

Ekspedisi Mudik 2024

Yuli, sapaan akrabnya, menyerahkan langsung donasi dari ASN di lingkungan Pemkab Karanganyar kepada PMI Kantor Cabang Karanganyar pada Selasa.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Karanganyar menuai pro dan kontra saat mengeluarkan surat resmi penggalangan donasi untuk warga Palestina. Surat resmi tertanggal 17 Mei 2021 dengan nomor 900/1833.1.2 perihal bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina. Kritik, cibiran, bahkan makian datang dari warganet dan sejumlah pihak.

“Begitu terkumpul dana segini banyak, saya terharu dan bangga. Ini wujud masyarakat makin cinta terhadap Tanah Air, bangsa sendiri. Jangan sampai persatuan dan kesatuan bangsa malah terganggu gara-gara hal begini,” tutur dia.

Baca juga: Dokumen 850 Calhaj Karanganyar Tetap Diproses Meski Belum Pasti Kapan Berangkat

Juliyatmono menyampaikan tidak akan memperpanjang pengumpulan donasi di lingkungan ASN Pemkab Karanganyar.

“Enggak akan saya perpanjang. Ini wujud upaya kita semua menyelamatkan jiwa orang lain. Jangan lupa bahwa kita juga banyak dibantu bangsa lain,” jelasnya.

Menyerahkan Langsung ke PMI

Hal senada disampaikan Ketua PMI Cabang Karanganyar, Timotius Suryadi. PMI Cabang Karanganyar menampung donasi dari masyarakat Karanganyar. Donasi yang terkumpul Rp263.659.100.

Donasi tersebut dari masyarakat, seperti DPRD Kabupaten Karanganyar, partai politik, tempat ibadah, karang taruna, komuitas, sukarelawan, kelompok pengajian, perguruan silat atau bela diri, organisasi, perusahaan, organisasi masyarakat, dan lain-lain.

“Mereka ini orang-orang yang merasa terpanggil. Ikut membantu orang lain yang merasa kesulitan. Rata-rata mereka menyerahkan langsung ke kantor PMI Cabang Karanganyar,” tutur Timo, sapaan akrabnya, Selasa.

Baca juga: Polisi Sebut Pelaku Penganiayaan di Karanganyar Sempat Niat Bawa Ridwan ke Rumah Sakit

Timo menegaskan PMI Cabang Karanganyar hanya membantu menerima dana tersebut. Selanjutnya, dana tersebut akan disalurkan melalui rekening PMI Pusat di Jakarta.

“PMI Pusat kan membuka nomor rekening untuk membantu masyarakat Palestina. Ada di rekening BRI [Kantor Cabang Jakarta Pancoran]. Nomor rekeningnya 0390-01-00-0030303 atas nama Palang Merah Indonesia. Pengelolaan selanjutnya di PMI pusat. Mereka sudah memiliki link ke Palestina,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya