SOLOPOS.COM - Dokter spesialis kulit dan kelamin RS Indriati Solobaru, Sukoharjo, Diyah Cinde Cahyani, memberikan tips mengatasi kulit hitam di bagian lipatan. (Youtube/@Espos Live)

Solopos.com, SUKOHARJO — Dokter spesialis kulit dan kelamin RS Indriati Solobaru, Sukoharjo, Diyah Cinde Cahyani, membagikan tips merawat area lipatan tubuh seperti ketiak dan selangkangan. Ia membagikan tips tersebut di kanal YouTube Espos Live dalam konten Tanyadong Dok! yang diunggah pada Rabu (18/1/2023).

Menurutnya ada sejumlah penyebab kulit ketiak, selangkangan, pantat, siku, dan lutut, berwarna lebih gelap dibandingkan bagian tubuh lain. Hal itu terjadi karena kegemukan, kenaikan hormon tertentu, dan peradangan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Paling banyak karena peradangan, bisa karena iritasi, alergi, penyakit karena jamur, bakteri atau penyakit lain seperti acanthosis nigricans [bercak beledu gelap di lipatan dan kerutan tubuh],” kata Cinde dalam perbincangan tersebut.

Ada bermacam-macam penyebab peradangan. Salah satunya karena mencukur rambut. Sebab dari pisau yang tajam dapat mengikis permukaan kulit. Peradangan biasanya akan dimulai dengan munculnya kemerahan pada kulit yang berakhir menjadi kehitaman.

Peradangan juga dapat disebabkan karena iritasi akibat penggunaan produk tertentu seperti deodoran. Karena bahan deodoran yang terlalu keras atau tidak cocok dapat menyebabkan alergi atau iritasi. Selain itu juga dapat disebabkan karena infeksi jamur yang biasanya ditandai dengan gatal, kemerahan, dan kehitaman pada kulit.

Selain peradangan acanthosis nigricans atau kulit menggelap bisa disebabkan karena diabetes militus atau penyakit lain. Hal itu juga bisa menjadi penanda keganasan penyakit lain seperti kanker kolon (usus besar), tetapi kasus tersebut jarang sekali ditemukan.

Pada beberapa kasus pasien kegemukan biasanya diakibatkan adanya lipatan/gesekan yang membuat sel melanosit (penghasil pigmen kulit) lebih aktif. Sehingga jumlah pigmen lebih banyak dan kulit lebih gelap.

“Pada wanita hamil dapat terjadi karena ada kenaikan hormon tertentu akan muncul penumpukan melanin di ketiak dan selangkangan yang menyebabkan warna menghitam,” jelas Cinde.

 Cara Atasi Kulit Gelap

Pengobatan dapat dilakukan dengan mengetahui penyebab utamanya terlebih dulu. Misalnya, jika dikarenakan kegemukan maka penderita harus mengurangi berat badan. Sementara jika karena kehamilan biasanya akan kembali normal setelah melahirkan.

Namun, jika karena jamur maka penyakit kulit bisa diobati terlebih dahulu baru bisa memakai krim tertentu untuk mencerahkan.

“Jika sudah mengetahui penyebabnya dalam keseharian bisa memakai skincare untuk ketiak. Namun, kulit ketiak berbeda dengan kulit pada bagian tubuh lain karena lebih tipis dan berambut serta lebih sering mengeluarkan keringat,” urai Cinde.

Wanita berkerudung ini menilai perawatan waxing tidak disarankan karena kulit bagian atas dapat terangkat dan teriritasi. Jika memilih produk pencerah, dia menyarankan menggunakan produk yang sudah memiliki izin BPOM.

“Saran saya memakai pelembab atau jika perlu menggunakan treatment IPL [intense pulsed light/sinar denyut kuat]. IPL lebih cepat dan aman karena bisa mengurangi rambut dan mencerahkan dalam jangka panjang,” terang Cinde.

Dia menyebut beberapa pasien yang datang ke kliniknya kebanyakan merupakan pasien obesitas/kegemukan. Bagi penderita dengan keluhan serupa dapat berkonsultasi di klinik estetik RS Indriati lantai III.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya