SOLOPOS.COM - Ayah Vanessa Angel. (Instagram/@dodysudrajat1_)

Solopos.com, SOLO — Bagaimana sih hukum memindahkan makam dalam ajaran Islam?

Seperti diketahui, Doddy Sudrajat, ayah Vanessa Angel ngotot ingin memindahkan makam sang putri di dekat makam ibundanya di TPU Karet Bivak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Ada di Jalanan Solo, Ini Arti Fungsi Marka Jalan Yellow Box Junction

Doddy mengaku mendapatkan pesan dari mendiang Vanessa Angel melalui mimpinya. Menurut keterangan Doddy, Vanessa menginginkan makamnya disatukan dengan mendiang ibunda dari Taman Makam Islam Malaka ke TPU Karet Bivak. “Mimpinya itu Vanessa ingin dimakamkan satu makam dengan mamanya. Itu mimpinya. Permintaan Vanessa seperti itu,” ungkap dia, dilansir Okezone.com, Kamis (2/12/2021).

Lalu, bagaimana sih hukum Islam terkait memindahkan makam?

Baca Juga:  Profil dan Sepak Terjang Siskaeee, Pernah Buat Konten Mesum Bareng Ojol

Dikutip dari situs resmi milik Nahdlatul Ulama, Islam.nu.or.id, ada perbedaan pendapat di kalangan ulama terkait pemindahan makam.

Mazhab Syafi’i membolehkan pemindahan kompleks pemakaman hanya karena darurat. Sedangkan Mazhab Maliki membolehkan pemindahan pemakaman dengan syarat tidak terjadi perusakan pada tubuh mayat; tidak menurunkan martabat mayat; dan pemindahan tersebut dilakukan atas dasar kemaslahatan.

Baca Juga:  Lagi Viral Kuliner Rating Rendah di Soloraya, Banjir Komentar Sadis

“Haram membongkar kuburan sebelum mayat hancur sesuai dengan pendapat para pakar tentang tanahnya setelah penguburannya, untuk dipindahkan ataupun lainnya, seperti mengkafani dan menyalati. Sebab dalam hal itu terdapat perusakan terhadap kehormatan mayat. Kecuali karena darurat, seperti dikuburkan tanpa disucikan dengan dimandikan atau tayamum, sedangkan mayat itu termasuk orang yang harus disucikan,” tulis Syekh Abu Zakaria Al-Anshari dalam kitab Fathul Wahhab yang membahas hukum memindahkan makam dalam Islam.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui kapan Doddy Sudrajat akan memindahkan makam Vanessa Angel. Saat ini, ia fokus pada pengajian 40 hari almarhumah.

Baca Juga: Harga Tanah di Solo Lebih Ngeri Lagi Lur, Capai Rp65 Juta/M2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya