SOLOPOS.COM - Berdoa memohon agar dagangan laris. (Ilustrasi/Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Dalam menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW, umat Islam bisa membaca doa di bulan Rabiul Awal yang ada di bawah ini.

Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyebut satu Rabiul Awal jatuh pada 27 September 2022 atau 26 September 2022 malam. Hal ini berdasarkan pemantauan hilal di tiga lokasi di Gresik, Pekalongan, dan Jakarta Utara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Awal bulan Rabiul Awal 1444 H bertepatan dengan Selasa Pahing 27 September 2022 M (mulai malam Selasa) atas dasar rukyah,” demikian tertulis dalam Pengumuman Nomor: 029/LF–PBNU/IX/2022 yang dikeluarkan pada Senin (26/9/2022).

Rabiul Awal merupakan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Maka dari itu, bulan ini memiliki banyak keutamaan dan amalan yang bisa bisa dilakukan oleh umat muslim. Bulan ini kerap juga disebut dengan Muludan, bulan Maulid, atau Mulud.

Baca Juga: Khutbah Jumat Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW

Untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, umat Islam bisa membaca doa yang ada di bawah ini, yang diambil dalam kitab Al Adabus Syariyah, sebagaimana dilansir Bisnis.com.

Wa ma ‘alimtu fiha mimma tardhohu wa wa’adtani ‘alaihis sawab, fa as’alukallohumma ya karim ya dzal jalali wal ikrom an tataqobbalahu minni wa la taqtho’ roja’i minka ya karim, wa shollallahu ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Baca Juga: Amalan dan Keutamaan Bulan Rabiul Awal

Artinya: Dan, apa yang aku lakukan di tahun ini yang Engkau ridhai dan janjikan ganjaran padanya, maka aku bermohon pada-Mu Ya Allah Yang Maha Mulia, Yang Maha Memiliki Keagungan dan Kemuliaan, untuk menerima amalku, dan tidak memupuskan harapanku pada-Mu. Dan Allah senantiasa berselawat dan memohon selamat kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw., keluarganya dan para sahabatnya.”

Selain doa syukur menyambtu Maulid Nabi Muhammad di atas, umat muslim juga bisa membaca doa pergantian bulan Safar ke Rabiul Awal berikut ini.

Baca Juga: Hari Kesaktian Pancasila Diperingati 1 Oktober, Bukan Hari Libur Nasional

Allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar. Alhamdulillahil ladzii dzahaba bi syahri kadzaa wa jaa-a bi syahri kadzaa.

Artinya : Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan bulan ini (sebutkan nama bulannya) dan telah mendatangkan bulan ini (sebutkan nama bulan yang baru).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya