SOLOPOS.COM - Ilustrasi doa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Dalam Islam ternyata terdapat doa untuk memperbaiki diri sendiri. Kira-kira bagaimana bunyi doanya?

Sebagai umat muslim yang taat, terkadang mereka sering merasa belum memiliki akhlak yang baik. Masih sering meninggalkan ibadah, kerap marah, dan tidak tabah ketika menghadapi ujian.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Padahal sudah seharusnya umat muslim memiliki akhlak yang terpuji di berbagai kondisi. Untuk itu, sebagai wujud permohonan ampun kepada Allah SWT, umat muslim bisa membaca doa.

Adapun doa yang dibaca adalah untuk memperbaiki diri sendiri. Mengutip situs resmi Nahdlatul Ulama dalam situs resminya, NU online, berikut ini bacaan doanya.

Allaahummahdinii li ahsanil akhlaaq. Laa yahdii li ahsanihaa illaa anta. Washrif ‘annii sayyi’ahaa. Laa yashrifu ‘anni sayyi’ahaa illaa anta.

Artinya: Ya Allah, bimbimbinglah diriku pada akhlak paling terpuji karena tidak ada yang dapat membimbing kepadanya kecuali Engkau. Palingkanlah aku dari akhlak yang buruk karena sungguh tidak ada yang dapat memalingkannya dariku kecuali Engkau

Doa untuk memperbaiki diri sendiri itu dibaca Rasulullah SAW dalam pembukan ibadah salat. Sebagaimana diterangkan dalam hadis riwayat Imam Muslim berikut ini.

“Salah satu doa Rasulullah saw di awal pembukaan shalat adalah berbunyi, ‘Allaahummahdinii li ahsanil akhlaaq. Laa yahdii li ahsanihaa illaa anta. Washrif ‘annii sayyi’ahaa. Laa yashrifu ‘anni sayyi’ahaa illaa anta.” (HR Muslim).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya