SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdoa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Setiap orang tidak luput dari masalah dengan keluarga, teman, bahkan orang tak dikenal. Wajar apabila setiap orang berusaha terhindar dari masalah.

Namun, sebagai umat Islam, berusaha terhindar dari masalah harus diringi doa. Masalah yang datang tentu atas kehendak Allah SWT. Sang Pencipta tentu memiliki tujuan tertentu terhadap umat-Nya, misalnya menguji keimanan dan kesabaran seseorang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Doa Agar Dijauhkan Dari Penyakit Ain yang Muncul dari Pandangan Mata

Allah SWT memberikan ujian kepada hamba-Nya sebagai bentuk kasih sayang. Oleh karena itu, seseorang yang tengah mendapatkan masalah dianjurkan menghadapinya dengan sabar dan tidak putus asa. Selain itu, dianjurkan memanjatkan doa agar segera dijauhkan dari berbagai masalah.

Ekspedisi Mudik 2024

Dihimpun dari Suara.com, Sabtu (18/12/2021), berikut doa agar dijauhkan dari masalah atau tolak bala:

Allahumma bihaqqilfatikhati yaa faarijalhammi wa yaa kaasyigalghammi yaa manli’ibaadihi yaghfiru wa yarkhamu. Yaa daafi’albalaa i yaa allahu wa yaadafi’albalaai yaarahmaanu wa yaadafi’ilbalaai yaarakhiimu.

Idfakhu’annalghalaai walbalaa a walwabaa a walfahsyaa a walmunnkara wassuyuufalmukhtalifata wassyada ida walmikhana maadhahara minha wa maa bathana fii baladi naa hadzaa khoshotan waminbuldaanilmuslimiina ammatan innaka ‘alaa maa tasyaaa u qadziirun

Baca Juga: Tata Cara Sujud Syukur, Lengkap Dengan Doa dan Artinya

Artinya:

Ya Allah, dengan kebenaran fatihah dan dengan rahasia yang terkandung dalam fatihah, ya Allah Tuhan yang melapangkan kedudukan dan yang menghilangkan kesedihan, ya Allah Tuhan Yang Maha Kasih Sayang kepada hamba-Nya, ya Allah, Tuhan yang menghindarkan bala, ya Allah Tuhan Pengasih yang menolakkan bala.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Penyayang yang menjauhkan bala, tolakkanlah dari kami malapetaka, bala, bencana, kekejian dan kemungkaran, sengketa yang beraneka, kekejaman dan peperangan, yang tampak dan yang tersembunyi, dalam negara kami khususnya dan dalam negara kaum muslimin pada umumnya, sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.

Baca Juga: Tata Cara Mandi Tobat, Lengkap dengan Bacaan Niat dan Latinnya

Doa Agar Dijauhkan dari Bahaya

Selain doa tolak bala, ada juga doa yang bisa dibaca agar dijauhkan dari bahaya atas kehendak Allah SWT. Doa ini juga tertuang dalam salah satu bacaan zikir pagi dan petang.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah, doa ini dianjurkan dilafalkan sebanyak tiga kali pada pagi hari dan sore hari. Berikut doanya seperti yang dihimpun dari Inews:

Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syai-un fil ardhi wa laa fis samaa’ wa huwas samii’ul ‘aliim

Artinya:

Dengan nama Allah yang bila disebut, segala sesuatu di bumi dan langit tidak akan berbahaya, Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya