SOLOPOS.COM - Ilustrasi salat id. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Terdapat doa yang dipanjatkan umat muslim setelah mendengar suara azan yang dikumandangkan lima kali dalam sehari. Kira-kira bagaimana bunyinya?

Azan merupakan seruan untuk melakukan salat untuk meraih kejayaan hidup di dunia di akhirat yang berisi kalimat tauhid dan dakwah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Nah, saat mendengarkan ajakan salat tersebut, umat muslim dianjurkan untuk mengucapkan doa sebagaimana diriwayatkan Bukhari.

Ekspedisi Mudik 2024

Berikut ini adalah doa setelah mendengar azan sesuai sunah, yang dikutip Solopos.com dari situs resmi Nahdlatul Ulama (NU online).

Allaahumma rabba haadzihid dakwatit taammah, was shalaatil qaa’imah, aati sayyidanaa muhammadanil wasiilata wal fadhiilah, wab‘atshu maqaamam mahmuudanil ladzii wa‘attah, innaka laa tukhliful mii’aad. Rabbighfir lii, wa li waalidayya, warham humaa kamaa rabbayaanii shaghiiraaa.

Artinya: Ya Allah, Tuhan seruan yang sempurna dan shalat yang berdiri, berikanlah wasilah (tempat di surga) dan keutamaan kepada Nabi Muhammad saw. Bangkitkan ia pada kedudukan terpuji (hak syafa’at) yang Kau janjikan. Sungguh, Engkau tidak akan menyalahi janji. Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.

Doa setelah azan tersebut diriwayatkan oleh sahabat Jabir dalam HR Bukhari.

“Dari Jabi bin Abdullah ra, Rasulullah saw bersabda, ‘Siapa saja yang berdoa ketika mendengar seruan azan ‘Allaahumma rabba haadzihid dakwatit taammah, was shalaatil qaa’imah, aati muhammadanil wasiilata wal fadhiilah, wab‘atshu maqaamam mahmuudanil ladzii wa‘attah,’ niscaya jatuhlah syafaatku padanya di hari kiamat.” (HR Bukhari).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya