SOLOPOS.COM - ilustrasi berdoa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Dalam Islam terdapat satu waktu yang dipercaya bisa mengabulkan segala doa kepada Allah SWT, yakni setelah asar di hari Jumat.

Hari Jumat merupakan hari yang agung. Keutamaannya tidak diragukan lagi. Terdapat satu waktu yang mustajab untuk berdoa. Namun, satu waktu tersebut dirahasikan Allah SWT seperti Lailatul Qadar di Ramadan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mengutip keterangan Nahdlatul Ulama dalam situs resminya, NU online, ada pendapat yang menyebutkan waktu mustajab agar dikabulkan Allah SWT adalah setelah asar di hari Jumat.

“Dua belas jam pada hari Jumat di antaranya terdapat waktu yang seorang hamba Muslim tidaklah meminta sesuatu kepada Allah di waktu tersebut, kecuali Allah mengabulkan permintaannya. Maka carilah waktu tersebut di akhir waktu setelah asar.” (HR. Abu Daud, al-Nasa’i, al-Hakim dan al-Baihaqi).

Dengan pendapat hadis tersebut, umat muslim bisa berdoa setelah asar hingga tiba waktunya magrib di hari Jumat. Bersumber dari keterangan NU Jateng di situs resminya, berikut doa yang bisa dibaca.

Allahumma anta rabbi laa ilaaha illa anta khalaqtani, wa ana abduka wabnu amatika wafi qabdhotika wa nasiyati bi yadika. Amsaitu ala ahdika wa wa’dika mastatho’tu audzu bika min syarri ma shona’tu. Abu’u bi ni’matika wa abu’u bidzanbi faghfirly dzunubi. Innahu la yaghfirudz dzunuba illa anta.

Artinya: Ya Allah, Engkau Tuhanku, tidak ada tuhan yang aku sembah kecuali Engkau yang telah menciptakanku. Menciptakanku sebagai hambamu dan anak dari hamba sahayamu. Hidupku ada dalam genggaman-Mu. Aku hidup atas janji dan ancaman-Mu. Selama aku bisa, aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang telah aku perbuat,. Aku telah menyia-nyiakan nikmatmu. Dan aku berbuat dosa. Maka ampunilah dosaku. Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.

Doa setelah asar di hari Jumat tersebut memiliki keutamaan yang dapat mempermudah untuk masuk surga dan mengantarkan kematian dalam keadaan husnul khotimah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya