SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdoa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Dalam setiap amalan orang Islam mempunyai doa-doa khusus, seperti doa yang dipanjatkan setelah salat sunah Dhuha. Salat Dhuha sendiri merupakan ibadah sunah yang dianjurkan Rasulullah.

Seperti hadist riwayat hadist riwayat Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah, “Kekasihku Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam mewasiatkan kepadaku dengan tiga perkara. (1) puasa tiga hari dari setiap bulan, (2) dua rakaat sholat Dhuha, dan (3) agar aku sholat witir sebelum tidur.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Salat Dhuha minimal dua rakaat dan maksimal 12 rakaat. Ibadah ini dikerjakan dari terbitnya matahari hingga menjelang waktu salat zuhur.

Baca Juga: Jangan Lupa Lur! Ini Doa Pagi dan Sore Hari Seperti Ajaran Rasulullah

Mengutip dari NU Online, Rabu (6/10/2020), Salat Dhuha ini disebut menjadi amalan untuk mendapatkan rezeki yang berkah dari Allah SWT selain bekerja atau usaha. Salat Dhuha juga mempunyai keutamaan lain, yakni diampuni dosa bagi yang mendirikan, mencegah penyakit, waktu terbaik untuk berdoa, dan pahalanya setara umrah. Berikut bacaan sesudah Salat Dhuha:

Allahumma inna dhuha’a dhuha’uka, wal baha’a baha’uka, wal jamala jamaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ishmata ishmatuka.

Artinya, “Wahai Tuhanku, sungguh dhuha ini adalah dhuha-Mu, keagungan ini adalah keagungan-Mu, keindahan ini adalah keindahan-Mu, kekuatan ini adalah kekuatan-Mu, dan penjagaan ini adalah penjagaan-Mu.

Baca Juga: Gokil! Guru Ini Tegur Para Muridnya dengan Tantang Main Mobile Legends

Allahuma inkana rizqa fis sama’i fa anzilhu, wa inkana fil ardhi fa akhrijhu, wa inkana mu’siran (mu‘assaran) fa yassirhu, wa inkana haraman fa thahhirhu, wa inkana ba‘adan fa qarribhu, bi haqqi duha’ika wa baha’ika wa jamalika wa quwwatika wa qudratika. Atini ma atayta ‘ibadakas sholihin.

Artinya, “Wahai Tuhanku, jika rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah. Jika berada di dalam bumi, maka keluarkanlah. Jika sukar atau dipersulit (kudapat), mudahkanlah. Jika (tercampur tanpa sengaja dengan yang) haram, sucikanlah. Jika jauh, dekatkanlah dengan hak dhuha, keelokan, keindahan, kekuatan, dan kekuasaan-Mu, datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada para hamba-Mu yang saleh.

Kemudian kita juga dianjurkan membaca seperti berikut: Allahumma bika ushawilu, wa bika uhawilu, wa bika uqatilu.

Artinya, “Dengan-Mu, aku menerjang. Dengan-Mu, aku berupaya. Dengan-Mu, aku berjuang.

Baca Juga: Viral Bakul di Pekalongan Berkostum Kuntilanak, Diborong Rachel Venya!

Tata Cara Salat Dhuha

Berikut adalah beberapa tata cara dalam mendirikan ibadah Salat Dhuha:

  1. Membaca niat Salat Dhuha
  2. Doa Iftitah
  3. Surat Al-Fatihah
  4. Membaca satu surat di dalam Al Quran. Afdholnya rakaat pertama membaca surat Asy-Syam dan rakaat kedua surat Al Lail
  5. Rukuk dan membaca tasbih tiga kali.
  6. Iktidal dan membaca bacaannya.
  7. Sujud pertama dan membaca tasbih tiga kali.
  8. Duduk di antara dua sujud dan membaca bacaannya.
  9. Sujud kedua dan membaca tasbih tiga kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya