SOLOPOS.COM - Ilustrasi gosok gigi. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Menjaga kebersihan gigi pada umumnya dengan bersikat gigi atau bersiwak baik di pagi hari atau malam hari sebelum tidur. Sebelum gosok gigi terdapat doa yang dianjurkan untuk dibaca.

Kebersihan gigi menjadi penting bagi semua orang saat bersosialisasi. Terlebih bagi yang suka berbicara dengan banyak orang akan lebih menjaga kebersihan giginya agar tidak bau mulut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Tata Cara Mandi Tobat, Lengkap dengan Bacaan Niat dan Latinnya

Penampilan gigi juga tak kalah penting dalam karier sesorang. Pada pekerjaan tertentu kondisi dan kerapian gigi sangat diperhatikan. Hal sama juga bagi orang-orang yang akan menjaga kebersihan mulut dengan menjaga giginya.

Dalam Islam, terdapat doa yang dianjurkan untuk dibaca sebelum gosok gigi sebagaimana dihimpun dari laman resmi Nahdlatul Ulama, Kamis (23/12/2021):

Allahumma bayyidh bihii asnaanii, wa syudda bihii litsaati, wa tsabbit bihii lahaatii, wa baarik lii fihi, yaa arhamar raahimiin

Artinya:

Ya Allah, putihkanlah gigiku, kuatkan gusiku, teguhkan rongga kerongkonganku [faring] melalui pembersih gigi (siwak/gosok gigi). Berkahilah diriku melaluinya, wahai Zat yang maha pengasih.

Baca Juga: Begini Tata Cara Salat Hajat Untuk Mewujudkan Keinginan

Gosok gigi dan membaca doa sebelumnya sebaiknya dilakukan dua kali sehari, pagi dan malam hari. Gosok gigi juga bisa dilakukan setelah menyantap makanan agar sisa-sisa makanan yang menempel tidak menggangu saat melakukan ibadah salat atau yang lain.

Dikutip dari Suara, Nabi Muhammad SAW merupakan sosok yang rajin menggosok gigi. Dalam sebuah riwayat disebutkan gigi Nabi sangat putih dan kuat. Beliau rajin menggosok gigi baik saat di rumah atau di luar rumah. Bahkan Nabi Muhammad SAW selalu membawa siwak kayu yang digunakan saat menggosok gigi sebelum berwudu untuk mendirikan salat.

Baca Juga: Doa Tolak Bala dan Dijauhkan dari Bahaya, Lengkap Latin dan Artinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya