SOLOPOS.COM - Ilustrasi sakit pusing. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Cuaca yag buruk dan ekstrem membuat daya tahan tubuh melemah hingga membuat badan gampang sakit dan masuk angin. Saat masuk angin atau demam dapat membaca doa agar segera diangkat penyakitnya.

Tak hanya demam dan masuk angin, luka kecil, pusing, sakit gigi hingga penyakit ringan lain yang mudah menyerang siapa pun dapat disembuhkan dengan berdoa atas seizin Allah SWT.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Doa Agar Diberikan Keteguhan dan Dikuatkan Iman

Nabi Muhammad mengajarkan untuk memanjatkan doa saat menderita penyakit-penyakit ringan seperti demam, pusing dan lainnya. Berikut doanya sebagaimana dihimpun dari laman Nahdlatul Ulama (NU), Rabu (19/1/2022):

Bismillahil kabiri, a‘udzu billahil ‘azhimi min syarri kulli ‘irqin na‘arin wa min syarri harrin nari

Artinya: Dengan nama Allah yang maha besar. Aku berlindung kepada Allah yang maha agung dari luka yang mengeluarkan darah dan dari keburukan panas neraka

Riwayat di atas ditemukan di kitab Ibnu Sunni dari Sahabat Ibnu Abbas RA sebagaimana dikutip berikut ini oleh Imam An-Nawawi.

“Diriwayatkan kepada kami di kitab Ibnu Sunni dari Ibnu Abbas RA bahwa Rasulullah mengajari mereka terkait (penyembuhan) segala penyakit, dari demam dengan membaca ‘Bismillahil kabiri, a‘udzu billahil ‘azhimi min syarri kulli ‘irqin na‘arin wa min syarri harrin nari’.” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 116).

Baca Juga: Simak! Ini Doa Agar Dijauhkan dari Gangguan Setan

Imam Nawawi juga meganjurkan bagi orang yang diserang sakit ringan untuk senantiasa membaca Surat Al-Fatihah, An-Nas, Al Ikhlas, dan Al-Falaq kemudian ditiupkan pada kedua tangan, lalu diusapkan ke seluruh bagian tubuh, terkhusus pada bagian yang sakit.

“Seseorang yang sedang sakit juga seyogianya membaca Surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas untuk dirinya serta meniup kedua tangannya sebagaimana penjelasan telah lalu dan membaca doa kurab (kesulitan) sebagaimana kami telah sebutkan.” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 116).

Baca Juga: Doa Tobat atau Pengakuan Dosa, Dicontohkan Nabi Yunus dan Nabi Muhammad

Demikian doa dan amalan saat menderita penyakit-penyakit ringan seperti masuk angin, demam, pusing, dan lainnya supaya diberikan kesembuhan oleh Allah SWT selain berusaha berobat ke dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya