SOLOPOS.COM - Berdoa memohon agar dagangan laris. (Ilustrasi/Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Berikut ini terdapat doa saat menggelar aqiqah anak yang juga dilengkapi dengan bacaan saat penyembelihan hingga mencukur rambut si kecil.

Perlu diketahui, aqiqah merupakan salah satu sunah Rasul yang dilakukan oleh para orang tua untuk anaknya dengan mennyembelih hewan. Hal ini sebagai bentuk penebusan seorang anak, sebagaimana dijelaskan dalam hadis riwayat Abu Dawud berikut ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga:  Bagaimana Hukum Pawang Hujan dalam Islam?

“Seorang anak tergadaikan dengan (tebusan) aqiqah yang disembelih untuknya di hari yang ke tujuh, dicukur rambut kepalanya dan diberi nama.”

Lalu, doa apa yang dibaca ketika menggelar aqiqah dari penyembelihan hingga mencukur rambut bayi?

Baca Juga:  Doa Menyambut Kedatangan Bulan Ramadan

Berikut ini lafal doa lengkapnya, yang bersumber dari situs resmi Nahdlatul Ulama (NU Online).

Doa Saat Aqiqah Anak

1. Doa Menyembelih Hewan

Bismilllaahi wallaahu akbar. Allahumma minka wa laka. Allahumma taqabbbal minni. Hadzihi ‘aqiqatu…(nama anak).

Artinya: Dengan menyebut nama Allah. Allah Maha Besar. Ya Allah, dari dan untukMu. Ya Allah, terimalah dari kami, inilah aqiqahnya…(nama anak).

Baca Juga: Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Maret 2022 Beserta Lafal Niatnya

2. Doa Mencukur Rambut Anak

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Alhamdulillaahirabbil ‘aalamiin. Allaahumma nuurus samaawaati wa nuurusy syamsyi wal qamari, Allaahumma sirrullaahi nuurun nubuwwati Rasulullaahi Shallallaahu ‘alaihi wasallam walhamdulillaahi Rabbil ‘aalamin.

Artinya: Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Ya Allah, cahaya langit, matahari dan rembulan. Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian, Rasululullah SAW, dan segala puji Bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Baca Juga:  Sebelum Prameks dan KRL, Ada KA Kuda Putih Layani Rute Solo-Jogja

3. Doa Saat Meniup Ubun-ubun Anak

Allaahumma innii u’iidzuhaa bika wa dzurriyyatahaa minasy syaithaanir rajiim.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan untuk dia dan keluarganya dari setan yang terkutuk.

Baca Juga:  Malam Nisfu Syaban 2022 Tanggal Berapa? Cek Jadwal dan Amalannya

4. Doa Walimah Aqiqah

Allaahummahfadzhu min syarril jinni wal insi wa ummish shibyaani wa min jamii’is sayyiaati wal ‘ishyaani wahrishu bihadlaanatika wa kafaalatika al-mahmuudati wa bidawaami ‘inaayatika wa ri’aayatika an-nafîdzati nuqaddimu bihaa ‘alal qiyaami bimaa kalaftanaa min huquuqi rububiyyaatika al-kariimati nadabtanaa ilaihi fîmaa bainanaa wa baina khalqika min makaarimil akhlaaqi wa athyabu maa fadldlaltanaa minal arzaaqi. Allaahummaj’alnaa wa iyyaahum min ahlil ‘ilmi wa ahlil khairi wa ahlil qur`aani wa laa taj’alnaa wa iyyaahum min ahlisy syarri wadl dloiri wadz dzolami wath thughyaani.

Artinya: Ya Allah, jagalah dia (bayi) dari kejelekan jin, manusia ummi shibyan, serta segala kejelekan dan maksiat. Jagalah dia dengan penjagaan dan tanggungan-Mu yang terpuji, dengan perawatan dan perlindunganmu yang lestari. Dengan hal tersebut aku mampu melaksanakan apa yang Kau bebankan padaku, dari hak-hak ketuhanan yang mulia. Hiasi dia dengan apa yang ada diantara kami dan makhluk-Mu, yakni akhlak mulia dan anugerah yang paling indah. Ya Allah, jadikan kami dan mereka sebagai ahli ilmu, ahli kebaikan, dan ahli Al-Qur’an. Jangan kau jadikan kami dan mereka sebagai ahli kejelekan, keburukan, aniaya, dan tercela.

Baca Juga: Kenapa Universitas Sebelas Maret Solo Disingkat UNS?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya