SOLOPOS.COM - Ilustrasi salat (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO – Mengawali hari dengan melaksanakan Salat Subuh menjadi kewajiban kaum muslim. Kita tahu bahwa ada 5 salat wajib yang mesti dikerjakan setiap harinya untuk kaum muslim, salah satunya Salat Subuh.

Salat Subuh merupakan ibadah fardhu dengan waktu yang relatif singkat, seperti halnya Salat Magrib. Salat ini dapat dikerjakan mulai terbit fajar hingga tiba batas waktu Salat Subuh sebagaimana ditetapkan syariat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun yang menarik dari Salat Subuh ialah terdapat Doa Qunut yang dilakukan ketika memasuki rakaat kedua. Tepatnya doa qunut subuh dibaca setelah iktidal sebelum beranjak untuk posisi sujud pertama di rakaat kedua tersebut.

Meski begitu ada saja yang masih belum hafal atau memahami makna terkait doa tersebut, biasanya bagi para mualaf atau memang kita yang sudah dewasa namun pas masih kecil belum pernah belajar menghafal doa tersebut.

Di ulasan kali ini kami akan share bacaan Doa Qunut Latin dan Artinya sehingga kalian yang belum membaca Qur’an bisa juga menghafal dan memahami makna doa qunut tersebut.

Baca Juga: Haedar Nashir Dorong Islam Jadi Agama Damai Melalui Islam Berkemajuan

Dikutip dari ayovaksindinkeskdi.id, berikut bacaan qunut subuh hingga qunut witir lengkap dengan artinya:

Lafazd Arab Doa Qunut Versi Panjang dan Artinya

Bacaan latin : Allahummah dinii fii man haadaiit, Wa ‘aafinii fiiman ‘aafait, wa tawallanii fii man tawallaiit, Wa baarik lii fii ma a’thaiit, Wa qinni birohmatika syarra maa qadhaiit, Fa innaka taqdhi wa la yuqdha ‘alaiik, Wa innahu la yazillu man wa lait, Wa la ya’izzu man ‘adait, Tabarakta rabbana wa ta’alait, Fa lakal hamdu a’la ma qadhait, Astagfiruka wa atubu ilaik, Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin Nabiyyil ummiyyi Wa ‘ala alihi Wa shahbihi Wa sallam.

Artinya : “Ya Allah berilah aku petunjuk sebagaimana mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan sebagaimana mereka yang telah Engkau berikan kesehatan. Peliharalah diriku sebagaimana orang-orang yang sudah Engkau lindungi. Berikanlah keberkahan untukku dari apa yang sudah Engkau berikan. Selamatkanlah diriku dari bahaya kejahatan yang sudah Engkau tentukan. Engkaulah yang berhak menghukum dan bukan dihukum. Tidak akan hina orang yang telah Engkau jadikan pemimpin. Tidak mulia orang yang telah Engkau musuhi. Maha Suci Engkau duhai Tuhan kami dan Yang Maha Tinggi. Bagi-Mu seutuhnya pujian di atas apa yang telah Engkau tentukan. Diriku memohon ampun kepada-Mu dan menyatakan bertaubat kepada-MU. Semoga engkau ya Allah mencurahkan rahmat dan karuniamu atas junjungan kami Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, keluarga, dan semua para sahabatnya.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya