SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdoa (Freepik).

Solopos.com, SOLO — Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa untuk umat Islam yang dibaca di pagi maupun sore hari. Kira-kira bagaimana bunyi doa tersebut?

Membaca doa adalah salah satu bentuk komunikasi antara umat manusia dengan Sang Pencipta. Salah satunya adalah doa untuk menyambut hari dan juga mengawali malam hari.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Adapun bacaan tersebut dimaksudkan untuk lancar dalam melakukan segala aktivitas dalam sehari.

Ekspedisi Mudik 2024

Melansir situs resmi Nahdlatul Ulama, NU online, terdapat doa yang dibaca saat pagi maupun sore hari dalam Islam yang diajarkan Rasulullah SAW. Berikut ini bacaan lengkapnya.

Allaahumma bika ashbahnaa, wa bika amsainaa, wa bika nahyaa, wa bika namuutu, wa ilaikan nusyuuru.

Artinya: Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali. (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

Selain doa singkat itu, Imam An-Nawawi juga mengutip doa pagi Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh sahabat Ibnu Mas‘ud dalam Sahih Muslim berikut ini:

Ashbahnaa wa ashbahal mulku lillaahi wal hamdu lillaahi, laa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai‘in qadiir. Rabbi, as’aluka khaira maa fii haadzihil lailata wa khaira maa ba‘dahaa, wa a‘uudzu bika min syarri maa f? haadzihil lailata wa khaira maa ba‘dahaa. Rabbi, a‘uudzu bika minal kasli wa suu’il kibari. A‘uudzu bika min ‘adzaabin fin naari wa ‘adzaabin dil qabri.

Artinya: Kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang maha esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya