SOLOPOS.COM - Ratusan calon penumpang mengantre mendapatkan pengesahan surat izin naik pesawat di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Kamis (14/5/2020). (Antara-Ahmad Rusdi)

Solopos.com, SOLO — Bagi kamu yang mau mudik dengan pesawat terbang, bisa membaca doa di bawah ini agar selamat dalam perjalanan.

Momen mudik selalu ditunggu setiap tahunnya saat Hari Raya Idulfitri. Apalagi sudah dua tahun masyarakat tidak merasakan momen ini akibat larangan mudik dari pemerintah imbas pandemi Covid-19.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mudik di Indonesia sendiri, masyarakat bisa menggunakan berbagai transportasi, mulai dari kereta api, kendaraan pribadi, kapal, hingga pesawat terbang.

Setiap naik kendaraan, salah satunya pesawat, kamu disarankan membaca doa berikut ini agar selamat dalam perjalanan mudik, sebagaimana pernah diulas Solopos.com sebelumnya.

Baca Juga: Rekomendasi Hampers Kekinian 2022, Bikin Lebaran Kamu Makin Berkesan

Subhaanalladzii sakhhorolana hadzaa wamaa kunnaa lahu muqriniina wa innaa ilaa rabbina lamunqolibuuna. Allahumma innaa nasaluka fii safarina hadzal birro wattaqwaa waminal ‘amali maa tardho. Allahumma hawwin ‘alaina safarana hadzaa wathwi’anna bu’dahu. Allahumma antash shoohibu fissafari wal khalifatu filahli. Allahumma innii a’uudzubika min wa’tsaaissafari wakaabatilmandhori wasuuuilmunqolabi filmaali wal ahli.

Artinya: Mahasuci Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini, padahal kami sebelumnya tidak mempunyai kemampuan untuk melakukannya. Sesungguhnya hanya kepada Rabb kami, kami akan kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan, takwa dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini. Ya Allah mudahkanlah perjalanan kami ini, dekatkanlah bagi kami jarak yang jauh. Ya Allah, Engkau adalah rekan dalam perjalanan dan pengganti di tengah keluarga. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesukaran perjalanan, tempat kembali yang menyedihkan, dan pemandangan yang buruk pada harta dan keluarga. (HR Muslim).

Baca Juga:  Titik 0 KM Kota Semarang, Sudah Ada Sejak Zaman Penjajahan Belanda

Setelah membaca doa perjalanan naik pesawat saat mudik di atas, umat muslim juga disunahkan memperbanyak takbir, hamdalah, yang dibaca tiga kali dan tahlil satu kali saat duduk di pesawat. Kemudian membaca doa lagi, yang bunyinya sebagai berikut.

Bismillaahi majreehaa wa mursaahaa, inna rabbii laghafuurur-rahiim. Wa maa qadarullaaha haqqa qadrih.

Baca Juga: Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar, Yuk Cari Tahu!

Artinya : Dengan menyebut nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S.Hud [11] ayat 41). Dan mereka tidak menghormati Allah dengan penghormatan yang semestinya. (Q.S. Al-An’am [6] ayat 91).

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya