SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdoa. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Dalam menyambut Tahun Baru Islam 1444 H yang sebentar lagi tiba, umat Islam bisa membaca doa agar selalu dalam perlindungan oleh Allah SWT.

Tahun Baru Islam jatuh pada 1 Muharram. Di mana bulan ini termasuk dalam bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Saking mulianya, Muharram dijuluki sebagai syahrullah atau bulan Allah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dilansir situs resmi Nahdlatul Ulama (NU) online, Muharram dimuliakan karena di dalamnya terdapat amalan sunah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan, yakni berpuasa.

Selain itu, umat muslim juga dianjurkan untuk membaca doa dalam menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram. Doa di bawah ini bisa dibaca setelah salat magrib.

Baca Juga: 30 Juli 2022 Tanggal Merah, Hari Libur Apa? Yuk Cek di Sini

Setiap awal Tahun Baru Islam 1 Muharram, Nabi Muhammad SAW selalu membaca doa kepada Allah SWT, yang bacaan doanya ada di bawah ini, seperti diulas Solopos.com sebelumnya.

Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul- awwalu, wa ‘alaa fadhlikal-’azhimi wujuudikal-mu’awwali, wa haadza ‘aamun jadidun qad aqbala ilaina nas’alukal ‘ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa’ihi wa junuudihi wal’auna ‘alaa haadzihin-nafsil-ammaarati bis-suu’i wal-isytighaala bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa dzal-jalaali wal-ikram yaa arhamar-raahimin, wa sallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam.

Baca Juga: Doa Agar Tanah dan Rumah Cepat Laku Terjual Menurut Ajaran Islam

Artinya: Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam [belas kasihan dan kesejahteraan] kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat Beliau. Ya Allah! Engkau Dzat Yang Kekal, yang tanpa Permulaan, Yang Awal [Pertama] dan atas kemurahan-Mu yang agung dan kedermawanan-Mu yang selalu berlebih, ini adalah tahun baru telah tiba: kami mohon kepada-Mu pada tahun ini agar terhindar [terjaga] dari godaan syetan dan semua temannya serta bala tentara [pasukannya], dan [kami mohon] pertolongan dari godaan nafsu yang selalu memerintahkan [mendorong] berbuat kejahatan, serta [kami mohon] agar kami disibukkan dengan segala yang mendekatkan diriku kepada-Mu dengan sedekat-dekatnya.

Baca Juga: Keutamaan dan Amalan saat Muharam, Bulan yang Mulia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya