SOLOPOS.COM - Ilustrasi doa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Dalam Islam ternyata terdapat doa untuk meminta kepintaran yang bisa dibaca oleh para pelajar. Kira-kira bagaimana bunyinya?

Menjadi pintar merupakan harapan semua orang. Tak hanya pintar dalam sekolah, tentunya sikap tersebut diharapkan bisa muncul dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari bertutur kata hingga pintar menghadapi permasalahan yang ada.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tak hanya sekedar dengan belajar, dibutuhkan usaha-usaha lain untuk menjadi pintar, salah satunya adalah memohon kepada Allah SWT dengan berdoa.

Nahdlatul Ulama dalam situs resminya, NU online, mengatakan terdapat doa untuk meminta kepintaran. Doa tersebut berasal dari kitab Perukunan Melayu Besar yang setengahnya diambil dari karya Syekh Muhammad Arsyad Banjar. Berikut ini bunyi doanya.

Fafahhamna Sulaimana, wa kullan atayna hukman wa ‘ilman, wa sakhkharna ma‘a Dawudal jibala yusabbihna wat thayra, wa kunna fa‘ilin. Ya hayyu, ya qayyumu, ya rabba Musa wa Harun, wa rabba Ibrahim, way a rabba Muhammadin shallallahu ‘alayhi wa sallama ‘alayhim ajma‘an. Allahummarzqniyal fahma, wal ‘ilma, wal hikmata, wal ‘aqla, bi rahmatika, ya arhamar rahimiin.

Artinya: Kami memberikan pemahaman kepada Sulaiman. Setiap dari mereka Kami berikan kebijaksanaan dan ilmu. Kami tundukkan gunung dan burung kepada Dawud. Mereka bertasbih. Kami lah yang melakukan itu semua. Wahai zat yang hidup, wahai zat yang tegak, wahai Tuhan Musa, Harun, Tuhan Ibrahim, wahai Tuhan Muhammad SAW. Ya Allah, karuniakan aku pemahaman, ilmu, kebijaksanaan, dan akal dengan rahmat-Mu wahai zat yang maha pengasih,” (Lihat Perukunan Melayu Besar, [Jakarta, Alaydrus: tanpa catatan tahun], halaman 99).

Semoga dengan membaca doa meminta kepintaran tersebut dapat dikabulkan Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya