SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdoa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Sebagian orang tak asing dengan majelis atau tempat berkumpulnya banyak orang untuk duduk bersama membahas ilmu. Saat berada di majelis tak jarang ada kekhilafan atau kesalahan sehingga dianjurkan untuk memanjatkan doa kafaratul majelis atau penutup majelis setelah selesai.

Majelis idak hanya soal belajar ilmu agama, tetapi juga kegiatan belajar mengajar, diskusi, halaqah, dan sejenisnya yang dapat membawa manfaat. Orang yang cinta ilmu selalu menghadiri mejelis. Bisa juga membuat majelis sendiri setelah memiliki banyak pengetahuan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Doa Masuk dan Keluar Rumah, Lengkap dengan Latin, Arti, dan Keutamaanya

Manusia tak luput dari lupa, lalai, pamer, sombong, egois, membual, meremehkan orang lain, dan sifat buruknya lain sehingga mengurangi pahala dan keberkahan di majelis. Oleh karena itu dianjurkan berdoa setelah selesai agar dihapuskan segala kesalahan yang dilakukan di dalam suatu majelis.

Berikut doa kafaratul majelis atau penutup majelis yang dapat dibaca saat hendak meninggalkan majelis, seperti yang dihimpun dari laman Nahdatul Ulama (NU), Kamis (30/12/2021):

Subhaana kallaa humma wa bihamdika, asyhadu an-laailaaha illaa anta, astaghfiruka, wa atuubu ilaik

Artinya:

Maha Suci Engkau, ya Allah. Segala sanjungan untuk-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku memohon ampun dan bertobat kepada-Mu

Baca Juga: Jangan Lupa! Baca Doa Setelah Azan Agar Dapat Syafaat Nabi

Doa tersebut diyakini dapat meleburkan dosa atas kesalahan yang diperbuat saat berada di majelis sebagaimana hadis sahih riwayat At-Tirmidzi menjelaskan bahwa siapa yang membaca doa penutup majelis sebelum ia berdiri dari tempat duduknya maka seluruh kesalahan selama dalam majelis tersebut terampuni. (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya