SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdoa (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Dalam Islam ternyata terdapat doa dan amalan ketika Anda mengalami kesulitan dalam membayar atau melunasi utang. Kira-kira bagaimana bunyinya?

Untuk bisa membayar utang, umat muslim harus berikhtiar dengan bekerja giat agar memperoleh rezeki untuk lepas dari lilitan utang. Hukum membayar utang adalah wajib kecuali dibebaskan oleh peminjamnya

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ditakutkan, jika utang tidak diselesaikan di dunia, makan urusannya akan berlanjut di akhirat.

Akan tetapi, terkadang kesulitan juga dialami ketika ingin melunasi utang. Dalam kondisi seperti ini Imam Abdul Wahab As-Sya’rani memberi solusi. Ia mengatakan, bagi orang yang menyadari punya tanggungan utang dan kesalahan pribadi kepada orang lain, dan sulit meminta kerelaannya, maka sebagai solusi alternatif dapat melakukan amalan  dan doa sebagai berikut, sebagaimana dikutip dari Nahdlatul Ulama (NU online).

  1. Membaca Surat Al-Ikhlas sebanyak 12 kali setiap malam.
  2. Membaca Surat Al-Falaq setiap malam.
  3. Membaca Surat An-Nas setiap malam.
  4. Membaca selawat sebagai berikut

Allaahumma shalli wa sallim ‘alaa nabiyyika wa habibiika sayyidinaa muhammad wa aalihii, wa atsibnii ‘alaa maa qara’tuhuu, waj’lhu fi shahaa’ifi man lahuu ‘alayya tabi‘atam min ‘ibaadika mim maalin wa ‘irdhin.

Artinya: Ya Allah, kasihilah seiring dengan penghormatan dan selamatkanlah kepada Nabi-Mu dan kekasih-Mu, Sayyidina Muhammad beserta keluarganya; berilah aku pahala atas apa yang telah kubaca; dan jadikanlah pahala itu tercatat dalam lembar-lembar catatan amal orang yang aku punya tanggungan hak adami (utang atau lainnya) dari para hamba-Mu, utang harta maupun kesalahan pribadi lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya